Tiga Tips Jaga Kebersihan Diri Tangkal Virus

Tiga Tips Jaga Kebersihan Diri Tangkal Virus
ilustrasi

INILAH, Jakarta - Educator & Trainer Mundipharma, dr. Mery Sulastri menjelaskan, sebuah riset menunjukkan jika infeksi virus seperti coronavirus (hCOV, SARS-COV, dan MERS-COV) dapat dicegah dengan jaga kebersihan.

Beberapa tahapan pencegahan terhadap virus bisa dilihat dari beberapa poin di bawah ini:

1. Menjaga kebersihan tangan dengan mencuci menggunakan sabun antiseptik yang mengandung povidone iodine dan atau dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70 persen.

2. Menjaga kebersihan saluran pernafasan salah satunya menggunakan preparat alami dengan kandungan iota caragenan yang memiliki efek antivirus,

3. Menjaga kebersihan rongga mulut dan tenggorok dengan berkumur ( gargle ) menggunakan obat kumur antiseptik yang mengandung povidone iodine.

"Hidung adalah salah satu jalur utama masuknya penyebab COVID-19 oleh karena itu kebersihan saluran pernapasan sangat penting. Untuk kebersihan saluran pernapasan, sebuah riset menunjukkan jika Iota Carrageenan memberikan efek antivirus terhadap sejumlah besar virus yang menyebabkan penyakit penapasan termasuk common cold dan influenza, termasuk human coronavirus.," tambah Dr Mery, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Sabtu, (18/04/2020).

Dengan edukasi optimis tanaga kesehatan akan dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik dan membawa Indonesia cepat terbebas dari COVID-19. (inilah.com)