400 Keluarga Lansia dan Janda Tua di 2 Kecamatan Kab Bogor Dapat Bantuan Sembako

400 Keluarga Lansia dan Janda Tua di 2 Kecamatan Kab Bogor Dapat Bantuan Sembako
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Sebanyak 400 keluarga lanjut usia (Lansia) di Kecamatan Cibinong dan Kecamatan Babakan Madang mendapatkan paket bantuan sembako dari organisasi Gerakan Rakyat Untuk Keadilan.

"Beberapa hari ini Gerakan Rakyat Keadilan membagikan paket sembako kepada keluarga lansia atau janda - janda tua karena mereka ini sebelum mewabahnya virus corona (covid 19) juga dalam kondisi susah dan sulit mencari nafkah. Target kami 400 paket bantuan ini bisa tersalurkan ke para lansia dan janda tua hingga besok," kata Heri Ortega Ketua Gerakan Rakyat Untuk Keadilan kepada wartawan, Sabtu (18/4).

Mantan alet tinju ini menerangkan agar bantuan paket sembako ini tidak salah sasaran, organisasinya melibatkan Ketua RT dan RW setempat untuk melakukan pendataan.

"Kami mendapatkan rekomendasi data keluarga lansia dan janda tua dari  para Ketua RT dan RW di Kecamatan Cibinong dan Kecamatan Babakan Madang, kebanyakan bantuan juga ke kampung - kampung dan hanya terhitung jari kepada keluarga lansia atau janda tua yang ada di perumahan," terangnya.

Heri menuturkan selain memberikan bantuan paket sembako disaat mewabahnya virus corona atau bencana non alam, sebelumnya organisasi Gerakan Rakyat Untuk Keadilan juga memberikan bantuan serupa ke Kecamatan Sukajaya dan Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

"Sebelumnya, kami juga memberikan bantuan sembako kepada korban bencana alam banjir bandang atau longsor di Kecamatan Sukajaya, lalu Gerakan Rakyat Untuk Keadilan juga memberikan bantuan kepasa korban Gunung Sinabung yang meletus di Kabupaten Karo," tutur Heri.

Ditemui di lokasi, Ishaq Ketua RW 09, Kampung Kaum Pandak Kelurahan Keradenan, Cibinong mengungkapkan bantuan dari Gerakan Rakyat Untuk Keadilan sangat ditunggu warga, apalagi  bantuan sosial dari pemerintah pusat, Pemprov Jawa Barat ataupun Pemkab Bogor belum tersalurkan ke masyarakatnya.

"Bantuan paket sembako ini jelas menolong warga yang memang dalam kondisi susah atau dibawah garis kemiskinan, kalau bantuan dari pemerintah baik pusat maupun daerah itu memang belum turun padahal kami sudah disuruh diam dirumah," ungkap Ishak.

Hasan usia 75 tahun warga RT 03 RW 09 Kampung Kaum Pandak, Kelurahan Keradenan yang sehari - hari bekerja sebagai pemulung mengucapkan terima kasih kepada organisasi Gerakan Rakyat Untuk Keadilan.

"Saat ini memulung agak susah karena banyak kampung, perumahan yang menerapkan PSBB hingga diportal jalan lingkungannya, dengan adanya bantuan paket sembako ini bermanfaat bagi kami dalam beberapa  hari kedepan," ucap Hasan. (Reza Zurifwan)