Kacamata Pintar Ini Dapat Deteksi Virus Corona

Kacamata Pintar Ini Dapat Deteksi Virus Corona

INILAH, San Carlos - Sebuah startup bernama Rokid menciptakan kacamata dengan sensor inframerah yang dilaporkan dapat mendeteksi suhu tubuh, yang menjadi salah satu indikasi seseorang terinfeksi virus corona (COVID-19).

Kacamata pintar tersebut bahkan mampu mendeteksi suhu hingga 200 orang dari jarak sekitar 2,7 meter.

Mengutip Phone Arena, kacamata pintar bernama T1 Thermal Smart Glasses itu dibekali dengan prosesor Qualcomm dan dilengkapi kamera 12MP dengan fitur realitas tertambah atau augmented reality (AR).

Perangkat tersebut dapat dikontrol dengan perintah suara, serta juga dapat mengambil foto dan merekam video.

Rokid berencana untuk menawarkan T1 Thermal Smart Glasses ke perusahaan-perusahaan di AS, rumah sakit, serta petugas keamanan.

Kacamata pintar T1 Thermal Smart Glasses terhubung melalui USB dan dapat disinkronkan dengan platform lain.

Rokid menyatakan tidak mengumpulkan informasi dari kacamata T1 tersebut secara langsung.

"Mengenai modul ini... kami tidak mengambil data apa pun ke cloud. Bagi pelanggan, privasi sangat penting bagi mereka. Pengukuran data disimpan secara lokal," tegas Liang Guan, Direktur Rokid AS.

Alat pemindai suhu yang besar, seperti yang ada di sejumlah bandara, tidak mudah dibawa-bawa, sedangkan perangkat genggam untuk mengukur suhu tubuh dengan inframerah memerlukan jarak dekat yang meningkatkan risiko terpapar virus corona.

"Anda harus mengarahkannya ke dahi orang-orang... Anda harus benar-benar dekat, sementara Anda sedang melakukan social distancing saat menggunakannya," Liang Guan menambahkan.

Belakangan ini, pemerintah AS bersama sejumlah raksasa teknologi berupaya keras untuk melindungi orang-orang dari pandemi COVID-19.

Google dan Apple berkolaborasi untuk menyediakan aplikasi pelacakan kontak yang dapat membantu memberitahu orang jika mereka melakukan kontak dengan seseorang yang terkena virus corona. (Inilahcom)