Dua Bulan, 10 Warga Cirebon Meninggal Diduga Corona, Semua ODP-PDP

Dua Bulan, 10 Warga Cirebon Meninggal Diduga Corona, Semua ODP-PDP

INILAH, Cirebon - Dua bulan terakhir atau Maret-April ini, Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten Cirebon merilis, 10 orang warga Kabupaten Cirebon meninggal dunia akibat virus corona. 

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Cirebon, Nanang Ruhyana menyebutkan, adapun 10 warga yang meninggal masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam perawatan (PDP). 

“Kami terus berusaha menekan penyebaran Covid-19. Kita berikan edukasi ke masyarakat bagaimana protokol pencegahan virus. Jaga jarak, selalu cuci tangan dan ikuti seluruh anjuran pemerintah. Itu juga sudah cukup memutus mata rantai virus mematikan ini,” kata Nanang di Sumber, Minggu (19/4/2020).

Nanang menjelaskan, saat ini jumlah orang tanpa gejala (OTG) ada peningkatan. Perlu diluruskan, lanjutnya, OTG adalah orang yang punya kontak erat dengan orang yang positif corona. 

Masalahnya, saat ini timbul pertanyaan kenapa ada kanaikan jumlah OTG. Tercatat, jumlah OTG saat ini ada 23 orang dan empat orang dinyatakan selesai dalam pemantauan. Sementara 19 OTG lainnya masih dalam pemantauan.

“Saat ini masih ada tiga orang dirawat karena positif corona. Tapi mudah-mudahan yang 19 orang OTG, semuanya negatif. Masalahnya, mereka kan kontak langsung dengan yang positif,” jelasnya. (maman suharman)