Menjaga Suasana Hati saat Pandemi dengan Kembang Gula

Menjaga Suasana Hati saat Pandemi dengan Kembang Gula
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Untuk orang yang sedang merasa sedih, terisolasi, depresi, pada saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, perlu asupan yang manis secukupnya sehingga memberikan energi dan perasaan bahagia.

Kondisi bahagia dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga saat hormon endorphine manusia sedang tinggi, analgesic (pereda sakit) alami diproduksi tubuh dan memberikan efek bugar, imunitas tinggi, tidak mudah jatuh sakit.

Marketing & Sales Director PT. Yupi Indo Jelly Gum, Juliwati Husman, menyatakan, asupan gula bisa didapatkan dari cemilan, salah satunya kembang gula yang kenyal dan manis yang bisa memberikan efek bahagia karena bentuknya yang lucu-lucu sehingga membuat berimajinasi.

"Dengan melihat aneka bentuk (kembang gula) Yupi, kadang kita langsung tersenyum dan tergoda untuk mengunyahnya. Jadi perasaan happy itu sudah ada sebelum kita merasakan permennya," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Dengan rasa manis segar dari kandungan fruit juice serta teksturnya yang kenyal dan empuk, lanjutnya, semua perasaan dan sensasi happy bersatu di dalam mulut.

Juliwati menambahkan, dalam film Bridget Jones Diary saat pemeran utama wanita patah hati, ia mencari makanan manis untuk meredam emosinya. Secara ilmiah pun terbukti asupan gula dapat meningkatkan energi dan suasana hati yang sedang down.

Mengutip data dari US Dietary Guidelines dia menyebutkan, mengenai efek asupan gula pada manusia, salah satunya adalah menurunkan hormon stres (kortisol). Salah satu stimulus perasaan bahagia adalah asupan gula, yang terpenting adalah pencapaian asupan sesuai porsi kebutuhan tubuh manusia tetap terjaga.

"Lakukan aktivitas yang fun namun tetap aman di rumah dengan anggota keluarga. Hati yang happy, pikiran jadi happy, tubuh pun akan lebih sehat, dan dengan demikian imunitas tubuhmu bisa lebih baik," katanya. (antara)