10 Penemuan Sederhana Tapi Sangat Berguna

10 Penemuan Sederhana Tapi Sangat Berguna
istimewa

SADARKAH Anda jika di sekitar kita ini sangat banyak benda sederhana namun sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari? Tanpa benda-benda tersebut, sepertinya hidup kita tidak akan seperti sekarang. Apa saja?

Manusia membutuhkan begitu banyak peralatan untuk memudahkan hidup dan aktivitas kesehariannya. Karena telah terbiasa, kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa di balik kesederhanaan bentuk atau desain peralatan yang kita gunakan terdapat kisah dan sejarah tentang orang-orang hebat yang menemukannya.

Berikut adalah 10 penemuan sederhana, namun sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari:

1. Jepit rambut

Benda berbentuk jepit kecil, cenderung berwarna gelap, terbuat dari logam ini digunakan para perempuan untuk mempertahankan kerapian tatanan rambut.

Penjepit rambut ditemukan pada tahun 1922. Selama beberapa dekade merek dagang 'Bobby Pin' dipegang oleh Bob Lepine Corporation Buffalo, New York, AS.

Sebuah jepit hitam yang relatif kecil sering digunakan oleh penata rambut untuk mempertahankan potongan rambut model bob (bob cut) agar tetap rapi sepanjang hari.

Hal ini penting dilakukan, karena potongan rambut bergaya bob yang dipopulerkan oleh pada tahun 1909, memiliki potongan pendek di tengkuk, namun dibiarkan panjang menjuntai menutupi telinga dan melancip ke arah dagu di kedua sisi wajah.

2. Pembuka kaleng

Makanan kaleng telah ada sejak tahun 1772 di Belanda, namun alat pembuka kaleng baru dipatenkan di Inggris pada tahun 1855.

Di AS pembuka kaleng pertama kali dipatenkan oleh Ezra Warner dari Connecticut, AS, pada tahun 1858, namun bentuknya masih belum praktis.

Pembuka kaleng modern yang telah dilengkapi dengan roda pemotong yang berputar baru diciptakan di AS pada tahun 1870 oleh William Lyman.

3. Klip kertas

Menurut Early Office Museum, paten pertama untuk klip kertas dikeluarkan di AS kepada Samuel B. Fay, yaitu pada tanggal 23 April 1867.

Klip kertas moderen diciptakan oleh William D Middlebrook dari Waterbury, Connecticut, AS, dan dipatenkan pada 27 April 1899. Ia juga yang menciptakan mesin pembuat klip kertas.

Sebenarnya pencipta dan pemilik hak paten klip kertas sangatlah banyak, hal ini dikarenakan adanya perbedaan desain.

Tahun 1899, seorang Norwegia bernama Johan Vaaler mempatenkan klip kertas di Jerman yang kemudian tahun 1901 alat tersebut mendapat paten di AS. Masyarakat Norwegia merasa bangga atas penemuan ini dan menganggap Vaaler sebagai penemu sejati.

Selama pendudukan Nazi di Norwegia pada Perang Dunia II, warga Norwegia menjadikan klip kertas sebagai lambang persatuan nasional. Karena Nazi melarang orang Norwegia memakai kancing berinisial Raja Norwegia, maka mereka mereka menjepitkan klip kertas di kerah baju sebagai simbol solidaritas dan penentangan Nazi.

4. Resleting

Pada tahun 1851, Elias Howe menerima hak paten untuk alat bernama 'Automatic Continuous Clothing Closure' yang merupakan cikal bakal resleting modern.

Namun, baru 42 tahun kemudian, yaitu pada tahun 1893, Whitcomb Judson mulai memasarkan alat serupa bernama 'Clasp Locker'.

Pada tahun 1913, Gideon Sundback yang merupakan seorang karyawan pada perusahaan Universal Fastener Company di Hoboken, New Jersey, AS, telah berhasil mendesain resleting moderen.

5. Karet gelang

Seorang penemu dan usahawan berkebangsaan Inggris bernama Stephen Perry merupakan orang pertama yang berhasil memperoleh paten untuk karet gelang.

Perry yang mempunyai perusahaan karet vulkanisir memperoleh paten untuk karet gelang pada tanggal 17 Mei 1845. Karet gelang yang dipatenkan Perry berbeda dengan karet gelang yang ada sekarang.

Karet gelang zaman sekarang sudah mengalami vulkanisasi, sehingga karet lebih elastis, tahan lama dan pastinya lebih bermanfaat.

6. Sedotan

Sedotan pertama digunakan oleh kaum Sumeria pada sekitar 3.500-2.300 tahun sebelum masehi, yang merupakan salah satu peradaban kuno di Timur Tengah.

Sedotan modern diciptakan oleh seorang pemilik pabrik kertas rokok berkebangsaan AS bernama Marvin C Stone. Penemuannya itu dipatenkan pada tanggal 3 Januari 1888.

7. Peniti

Peniti awal mulanya berasal dari Mycenaeans sejak abad ke-14 SM, dikenal dengan nama fibulae. Saat itu, bentuk peniti tidak seperti peniti yang kita kenal di masa sekarang ini.

Peniti modern baru diciptakan pada tahun 1849 oleh Walter Hunt seorang penemu asal Winchester, AS. Penemuan ini sebenarnya dilatarbelakangi oleh tekanan untuk membayar hutang sebesar US$15 kepada temannya.

8. Sisir

Pencipta sisir belum diketahui sampai saat ini, namun para arkeolog mengklaim bahwa sisir sudah ditemukan sejak 5.000 tahun lalu.

Salah satu bukti yaitu sisir tua yang terbuat dari emas yang diperkirakan dibikin pada tahun 400 SM, peninggalan bangsa Scythian, yang diketahui pernah hidup di Asia Tengah.

Di zaman dulu sisir terbuat dari tulang, tanduk, tempurung kura-kura, gading gajah, kayu, dan aneka logam.

Baru pada tahun 1869, dua bersaudara Isaiah dan John Hyatt menciptakan bahan seluloid. Bahan itu pun kemudian dipakai sebagai bahan dasar dari pembuatan sisir.

9. Jarum jahit

Jarum jahit telah digunakan selama ribuan tahun. Penggalian yang dilakukan di kepulauan Oland, di Alby, Swedia, mengungkapkan bahwa jarum yang terbuat dari tulang telah digunakan sejak 6.000 tahun sebelum masehi.

Bahkan jarum yang terbuat dari gading juga telah ditemukan di Kostenki, Rusia yang telah berusia 30.000 tahun.

10. Tusuk gigi

Tusuk gigi telah ada sebelum kedatangan manusia modern. Tengkorak gigi manusia Neanderthal dan Homo Sapiens telah menunjukkan bukti-bukti penggunaan alat untuk menusuk gigi.

Ini adalah alat tertua untuk membersihkan gigi. Mesin pembuat tusuk gigi pertama kali dikembangkan pada tahun 1869 oleh Alessandro Franco. Kemudian mesin serupa juga dipatenkan pada tahun 1872 oleh Silas Noble dan JP Cooley. (inilah.com)