Masyarakat Belum Terima Bantuan? DPRD Jabar: Usulkan Lagi!

Masyarakat Belum Terima Bantuan? DPRD Jabar: Usulkan Lagi!

INILAH, Bandung – Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Dadang Kurniawan meminta kepada masyarakat terdampak Covid-19 untuk kembali mengusulkan jika belum terdaftar atau menerima bantuan dari pemerintah.

Dia mengatakan, usaha yang sudah dilakukan oleh pemerintah dalam pendataan penerima bantuan, kadang belum tentu sesuai dengan fakta di lapangan. Menurutnya human error bisa saja terjadi, sehingga orang-orang yang seharusnya wajib menerima bantuan justru tidak terdata. Perbaharuan data kata Dadang sudah seharusnya intens dilakukan, mulai dari tingkat dasar seperti RT hingga kecamatan, demi memastikan bantuan dapat tersalurkan dengan merata.

“Mengenai bantuan, kita juga terus evaluasi dan tindaklanjuti. Asal sesuai kriteria, silakan ajukan kembali. Teknisnya, kita serahkan ke kabupaten dan kota. Proses pendataannya, dari RT, RW dan seterusnya,” ujar Dadang kepada INILAH, Selasa (21/4/2020).

Kendati demikian kata Dadang, bantuan khusus dari pemerintah provinsi dengan target tahap pertama sebanyak satu juta keluarga tersebut. Hanya diperuntukkan bagi masyarakat terdampak ekonomi secara langsung dan sebelumnya sama sekali belum pernah menerima bantuan dari pemerintah pusat, maupun dari kota dan kabupaten.

“Tapi yang harus diingat, bantuan ini bukan kepada masyarakat yang sebelumnya sudah menerima PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT dan lain-lain. Bantuan dari provinsi ini hanya untuk masyarakat yang belum pernah terima bantuan apapun dan khusus bagi mereka yang akibat penanganan covid-19 ini, ekonominya jadi sulit karena kerjaannya terhenti,” terangnya. (Yuliantono)