Tata Nexon EV, Mobil Listrik Terlaris di India

Tata Nexon EV, Mobil Listrik Terlaris di India
istimewa

INILAH,  New Delhi - Tata Nexon EV menjadi mobil terlaris di India mengalahkan Hyundai Kona EV, MG ZS EV, serta Mahindra e-KUV100.

Tata meluncurkan Nexon EV pada Januari lalu dan respons pasar sejauh ini baik. Pada Maret yang suram karena pandemi virus corona, Tata menjual 198 unit Nexon EV, demikian lansir Express Drives.

Sebagai perbandingan, MG Motors berhasil menjual 116 unit ZS EV yang jauh lebih mahal dan lebih besar, lebih sedikit 82 unit dibanding Nexon EV.

Sedangkan Hyundai Kona EV, mobil listrik dengan jangkauan daya baterai terjauh saat ini di India, angka penjualannya belum diungkap.

Namun, Kona EV dijual dalam jumlah terbatas di India, dan seperti ZS EV, mobil itu tidak dibuat di India. Jadi sangat mungkin bahwa Hyundai mungkin telah menjual Kna EV lebih sedikit atau setara dengan ZS EV.

Angka-angka penjualan itu memang belum sepenuhnya mencerminkan keberhasilan penjualan karena pandemi virus corona membuat sentimen pembeli berada dalam titik terendah.

Produsen melaporkan penurunan penjualan hingga 70 persen dalam beberapa kasus di India.

Pabrik-pabrik ditutup, sedangkan diler atau showroom juga berfungsi secara digital. Diler membuka pesanan online tapi pengiriman mobil dijanjikan setelah tidak ada lagi karantina wilayah. (inilah.com)