Menyusui, Peran dan Dukungan Ayah Sangat Penting

Menyusui, Peran dan Dukungan Ayah Sangat Penting
istimewa

INILAH, Jakarta - Proses menyusui akan berhasil jika mendapatkan peran dan dukungan penuh dari seorang ayah atau suami.

Dokter konselor ASI, dr. Ameetha Drupadi, CIMI., di acara peluncuran produk ASI Booster HerbaASIMOR menjelaskan untuk mempersiapkan masa menyusui, ibu tidak hanya memerlukan asupan gizi, tetapi juga dukungan secara moral dari keluarga terutama suami.

Agar sukses dalam proses menyusui, ayah diharapkan aktif dalam mengambil keputusan, mempunyai sikap yang positif, mempunyai pengetahuan yang luas tentang keuntungan menyusui, dan memiliki inisiatif untuk mendekatkan diri dengan bayi melalui kehadirannya saat proses persalinan dan kontak lebih dekat dengan bayi selama masa neonatal.

"Ayah juga harus mampu berinteraksi lebih erat dengan bayinya melalui pengenalan sinyal - sinyal yang dikeluarkan oleh bayi," kata dr. Ameetha, Jakarta, Selasa, (21/04/2020).

Selain itu, ayah juga harus banyak membaca dan mengikuti perkumpulan orang tua, serta memberikan perhatian kepada istri yang sedang dalam masa menyusui misalnya dengan melakukan pijatan punggung sehingga diharapkan dapat meningkatkan hormon oksitosin yang dapat memperlancar ASI.

Bidan Brian Sahar dari komunitas Bidan Pencerah Nusantara memberikan dukungan terhadap ibu menyusui.

Menurutnya, ibu perlu mempersiapkan proses menyusui melalui konseling. Dalam konseling ini, diharapkan ibu mendapatkan panduan yang tepat bagaimana posisi menyusui yang benar.

"Posisi yang benar saat proses menyusui termasuk bagaimana peletakkan bibir bayi ke puting ibu, sangat memengaruhi kenyamanan saat menyusui dan produksi ASI," kata Bidan Brian Sahar.

Terkait dengan dukungan ayah terhadap ibu, Bidan Brian Sahar menambahkan bahwa ayah dapat memberikan dukungan dengan memberikan motivasi dan semangat kepada isteri pada masa menyusu sejak proses inisiasi menyusui dini (IMD).

"Saya juga menekankan, terkait dengan kondisi pandemi yang kita hadapi bersama saat ini, masyarakat diharapkan dapat membangun imun tubuh sejak dini melalui ASI. Tidak ada makanan lain yang aman bagi bayi selain ASI sehingga perlu sekali bagi ibu untuk memperhatikan produksi ASI dengan cara yang tepat seperti mengonsumsi ASI booster alami," kata Bidan Brian Sahar. (inilah.com)