Ada Rencana Liga Inggris Akan Disiarkan Gratis di Televisi

Ada Rencana Liga Inggris Akan Disiarkan Gratis di Televisi
Ilustrasi/Net

INILAH, Jakarta- Pertandingan-pertandingan Liga Premier Inggris kemungkinan bakal disiarkan secara gratis di televisi setelah musim dilanjutkan pascapenangguhan karena pandemi virus corona.

Hal itu diungkapkan Menteri Kebudayaan Inggris Oliver Dowden sebagaimana dilaporkan BBC, Rabu (23/4/2020).

Dowden menyebutkan bahwa dirinya telah melakukan "pembicaraan produktif" dengan organisasi olahraga Inggris tentang dimulainya kembali kompetisi tersebut.

Dia mengatakan kepada Komite Departemen Digital, Budaya, Media dan Olahraga bahwa ketika Liga Premier ini dilanjutkan, maka yang paling memungkinkan adalah pertandingan di stadion tertutup demi menahan penyebaran virus. Namun juga penting bagi orang-orang untuk menonton pertandingan secara langsung entah bagaimana caranya.

Liga Premier ditangguhkan sejak bulan lalu karena pandemi dan pemerintah meminta masyarakat setempat untuk tinggal di rumah demi membantu pencegahan penyebaran virus.

Setiap pertandingan liga akan dimainkan di stadion tanpa kerumunan penonton.

"Saya telah mengatakan kepada Liga Premier bahwa bukan hal terbaik jika sepak bola ini sebagai salah satu olahraga utama kembali dimainkan di stadion tertutup dan masyarakat luas tidak bisa memiliki akses ke sana," kata Dowden.

Dia maklum olahraga ini "bergantung pada pendapatan yang mereka peroleh" dari kesepakatan hak siar. karenanya olahraga ini harus bisa memiliki "elemen melindungi pendapatan dari siaran tetapi juga mencari cara untuk meningkatkan akses".

Dowden mengatakan bahwa Liga Premier sedang mempertimbangkannya. Stasiun televisi Sky, BT, dan Amazon memegang hak untuk menampilkan pertandingan Liga Premier secara langsung, sementara hanya highlight pertandingan yang tersedia di BBC secara gratis, demikian Reuters. (antara)