Ketua PMI Bandung Apresiasi GP Ansor Bandung Peringati Harlah ke-86 dengan Donor Darah

Ketua PMI Bandung Apresiasi GP Ansor Bandung Peringati Harlah ke-86 dengan Donor Darah
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Memperingati hari lahir (harlah) ke-86 tahun Gerakan Pemuda Ansor, GP Ansor Kota Bandung melakukan aksi donor darah. Aksi ini dilatarbelakangi keprihatinan Ansor terhadap kurangnya stok darah di PMI Kota Bandung pada masa pandemi covid-19 ini.

Atas inisiatif aksi itu, Katua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, Ade Koesyanto menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kepedulian GP Ansor dalam mendonorkan darahnya, sebagai salah satu kegiatan yang bermanfaat bagi manusia yang lain.

"Selamat milad GP Ansor! GP Ansor dalam miladnya hadir di kantor kemanusiaan untuk mendonorkan darahnya, bagi kepentingan kemanusiaan. Semoga selalu jaya dan selalu di hati masyarakat Kota Bandung," ucap Ade dalam keterangan persnya, Kamis (23/4/2020).

Ade menambahkan bahwa aksi semacam ini patut dicontoh oleh organiasi yang lain. Karena menyumbangkan darah adalah bentuk kepedulian terhadap kemanusiaan yang nyata.

Dalam kesempatan ini, ia juga menjawab sejumlah pertanyaan masyarakat yang harus membayar ketika membutuhkan transfusi darah di rumah sakit, padahal PMI mendapatkan darah secara gratis.

"Saya juga ingin jelaskan, jika darah yang kami terima itu harus melalui proses laboratorium yang panjang sebelum akhirnya bisa ditransfusikan. Jadi biaya itu untuk biaya pengolahan di laboratorium. Namun bagi yang miskin bisa gratis, tanpa harus surat keterangan," tambah Ade.

Memperingati harlah ke-86 tahun, Gerakan Pemuda Ansor Kota Bandung menginisiasi aksi kemanusiaan dengan mendonorkan darah ke kantor PMI Kota Bandung. Kegiatan ini sukses diikuti oleh puluhan kader Ansor Banser Kota Bandung, dan juga keluarga besar NU Kota Bandung.

Ketua GP Ansor Kota Bandung AA Abdul Rozak menyampaikan, jika aksi yang dilakukan hari ini adalah bentuk bahwa Ansor dalam usianya yang ke-86 tahun, terus berkhidmah pada negeri dan kemanusiaan. Menurutnya ditengah kondisi wabah seperti ini, semua elemen harus saling menguatkan dan bekerjasama.

"Mohon doanya bagi seluruh kader Ansor se-dunia, semoga acara ini lancar. Ini bukti bahwa Ansor selalu berkhidmah pada negeri, berkhidmah pada kemanusiaan. Semoga bermanfaat bagi sesama," tutup Rozak. (Ridwan Abdul Malik)