Kalau Tak Ada Pandemi Covid-19, Taman Batu Cijanun Cocok untuk Munggahan

Kalau Tak Ada Pandemi Covid-19, Taman Batu Cijanun Cocok untuk Munggahan
net

INILAH, Purwakarta - Imbas pandemi Covid-19, objek wisata yang ada di Kabupaten Purwakarta sepi pengunjung. Padahal, biasanya saat momentum munggahan (menjelang bulan puasa) tempat-tempat wisata tersebut selalu ramai. Salah satunya, taman air wisata Cijanun yang berada di Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong yang kini masih tertutup untuk umum.

Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta Irfan Suryana mengatakan, biasanya sepekan menjelang bulan puasa, objek-objek wisata ini ramai dikunjungi warga. Mereka, merayakan munggahan dengan berkumpul dan makan-makan bersama keluarga maupun teman.

"Tetapi, karena masih pandemi corona, kebiasaan yang jadi agenda rutin tahunan ini tidak ada," ujar Irfan kepada INILAH, Kamis (23/4/2020).

Salah satu objek wisata yang menjadi favorit warga ini, taman air Cijanun. Tempat wisata ini, memang berbeda dengan yang lainnya. Sebab, menyuguhkan keindahan alam. Serta, didukung udara yang bersih dan sejuk nuansa pegunungan.

Air kolam yang sedingin es, menjadi daya tarik lainnya bagi warga untuk terus berkunjung ke tempat wisata ini. Pun demikian, setiap momentum munggahan. Tempat tersebut, selalu ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai lapisan.

Namun, tahun ini kondisinya berbeda. Seluruh objek wisata tertutup untuk umum. Hal itu, guna mencegah penyebaran virus corona yang mematikan tersebut. Sebab, jika tak ditutup, khawatir objek wisata menjadi tempat penyebaran virus tersebut.

Meski demikian, lanjut Irfan, tak perlu khawatir. Sebab, jika status pandemi ini telah dicabut dan corona sudah hilang dari muka bumi, objek-objek wisata tersebut akan langsung buka. Para pengelolanya, akan langsung melayani masyarakat dengan maksimal.

"Sebab, saat kondisi seperti ini siapapun, baik orang dewasa maupun anak-anak, akan sangat merindukan untuk berwisata," ujarnya.

Terkait dengan objek wisata taman air Cijanun, lokasi ini menyuguhkan peman‎dangan alam yang cukup indah. Bahkan, sangat instagramable. Pemandangannya, berupa mata air besar berhias taman dari bebatuan.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati suasana alam yang masih asri. Di lokasi itu para wisatawan bisa bebas bermain air di dalam kolam, yang posisinya di atas pegunungan.

Sementara itu, pengelola taman air Cijanun Imran Salim mengatakan, tempat wisata ini dibuka sejak beberapa bulan lalu. Lokasi ini selalu dipadati pengunjung. Biasanya, setiap akhir pekan atau musim libur panjang.

"Tetapi, sekarang kita off dulu. Sebab, masih pandemi corona. Namun, setelah corona pergi, kita akan beroperasi lagi," jelasnya. ( Asep Mulyana)