Ramadan di Tengah Covid-19, PKS Ajak Masyarakat Bangun Solidaritas

Ramadan di Tengah Covid-19, PKS Ajak Masyarakat Bangun Solidaritas
Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini. (Antara Foto)

INILAH, Jakarta- Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menilai bulan Ramadhan tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 menjadi momentum bangs Indonesia untuk membangun solidaritas nasional

"Selamat memasuki Ramadhan kepada umat muslim di seluruh Indonesia dan saya menyampaikan pesan solidaritas nasional karena Ramadhan berlangsung di tengah pandemi COVID-19," kata Jazuli dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (24/4/2020).

Jazuli mengatakan Ramadhan kali ini berbeda karena dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 yang mengharuskan setiap orang untuk menjaga jarak fisik, menjaga kesehatan, hingga melaksanakan ibadah di rumah.

Namun Jazuli berpesan agar umat Islam tetap bisa mengambil hikmah yang besar atas kondisi yang terjadi, tetap berpikir positif atau "husnudzan".

"Karena itu diharapkan Ramadhan di tengah pandemi ini bisa menjadi momentum titik balik bagi bangsa Indonesia untuk menghadirkan solidaritas nasional sehingga hadir keberkahan-keberkahan lainnya bagi Indonesia," ujarnya.

Wakil Presiden Parlemen Muslim Dunia itu menilai Ramadhan tahun ini harus menjadi momentum untuk semakin menumbuhkan kepedulian dan solidaritas kepada sesama warga bangsa dan negara.

Menurut dia, penanganan COVID-19 butuh kebersamaan, tidak bisa mengandalkan pemerintah saja sehingga masyarakat ikuti semua protokol kesehatan.

"Apa yang bisa kita bantu kita bantu dengan semangat gotong royong. Dan memasuki Ramadhan solidaritas nasional harus semakin kuat," katanya.

Selain itu Jazuli mengajak umat muslim semakin giat beribadah di bulan Ramadhan karena memiliki banyak waktu di rumah misalnya ibadah berjamaah bersama keluarga.

Selain itu menurut dia hadirkan aktivitas yang merekatkan ketahanan keluarga dengan lebih banyak berdoa, tilawah, dan berbagi hikmah atas kondisi yang terjadi dengan sesama keluarga baik secara langsung maupun melalui siaran televisi dan sosial media.

"Atas nama pimpinan dan anggota Fraksi PKS DPR dan DPRD seluruh Indonesia, kami ucapkan kepada seluruh umat Islam selamat menunaikan ibadah di bulan suci ini. Semoga kita semua memperoleh berkah, rahmat, dan maghfirah dari Allah SWT," katanya. (antara)