Hari Ini Seluruh Moda Transportasi Dihentikan

Hari Ini Seluruh Moda Transportasi Dihentikan
(Antara Foto)

INILAH, Jakarta - Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyebutkan, moda transportasi baik darat, laut, udara, dan kereta api, dihentikan sementara hingga batas waktu yang ditentukan.

Aturan tersebut tertuang dalam Permenhub 25/2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona.

"Kendaraan bermotor untuk mudik dilarang beroperasi hingga 31 Mei, transportasi laut hingga 8 Juni, dan kereta api hingga 15 Juni. Untuk transportasi udara hingga 1 Juni," ujar Adita dalam keterangan persnya di di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Menurutnya, aturan tersebut bisa saja diperpanjang sesuai dengan kondisi pandemik Covid-19 di Indonesia. Meski transportasi umum dan pribadi dilarang melintas, tak ada penutupan jalan nasional serta jalan tol, tetapi dilakukan menyekatan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, di antaranya Polri, otoritas bandara, otoritas pelabuhan, dan operator perkeretapian dalam menjalankan aturan ini.

"Perlu disadari dan perlu dipahami peraturan ini akan berlaku 24 April 2020 pukul 00.00 WIB," tegas Adita. (Inilahcom)