Selama Ramadan,  Stok Bahan Pokok di Kabupaten Cirebon Aman

Selama Ramadan,  Stok Bahan Pokok di Kabupaten Cirebon Aman
ilustrasi

INILAH, Cirebon - Dinas Perdagangan dan Industri (Disperdagin) Kabupaten Cirebon memastikan harga dan stok bahan pangan di Kabupaten Cirebon selama bulan ramadhan aman dan terkendali. Demikian dikatakan Kepala Disperdagin Kabupaten Cirebon, Deni Agustin, Jumat (24/4/2020).

"Saat ini hampir seluruh harga kebutuhan pokok dalam kondisi yang stabil. Bahkan, harga daging ayam malah turun. Tapi secara umum harga stabil, dan mudah-mudahan bisa kita pertahankan terus sampai lebaran nanti," ungkap Deni.

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor yang membuat harga kebutuhan pokok stabil dan cenderung menurun. Salah satunya, penerapan PSBB di sejumlah daerah. Hal itu mengakibatkan permintaan tinggi, namun terhambat proses distribusi.

"Akhirnya barang dijual ke daerah masing-masing dan mengakibatkan over suplai dan harganya jadi murah," jelas Deni.

Deni menegaskan, untuk ketersediaan bahan pokok penting seperti beras, dipastikan aman hingga 10 bulan mendatang. Jaminan tersebut beralasan, karena saat inipun, Kabupaten Cirebon dalam kondisi panen raya, walaupun dalam pandemi corona.

 "Beras kondisinya dalam kondisi aman karena stok masih cukup untuk 10 bulan kedepan. Stok dulu saja masih banyak, ditambah sekarang sedang panen raya. Pokoknya harga-harga masih stabil lah," tukasnya. (maman suharman)