Pertumbuhan Pelanggan Netflix Tak Berlangsung Lama

Pertumbuhan Pelanggan Netflix Tak Berlangsung Lama
istimewa

INILAH, Los Gatos - Netflix kini tengah menikmati lonjakan pertumbuhan pelanggan seiring dengan kebijakan karantina terkait wabah virus corona (COVID-19) di banyak negara di dunia yang membuat orang lebih sering berada di rumah.

Meski demikian, Netflix memperkirakan keuntungan tersebut bakal menurun pada paruh kedua tahun ini bersamaan dengan mulai meredanya pandemi COVID-19.

"Kami memperkirakan jumlah menonton akan turun dan pertumbuhan keanggotaan melambat ketika karantina di rumah berakhir," kata Netflix dalam surat untuk para pemegang saham, seperti dilansir Reuters.

Pelanggan berbayar Netflix tercatat 15,8 juta orang pada periode Januari-Maret, yang membuat total pelanggan mereka menjadi 182,9 juta secara global. Netflix sebelumnya memprediksi pertumbuhan mencapai 7 juta orang pada periode tersebut.

Netflix mengeluarkan prediksi positif bahwa mereka bisa menambah 7,5 juta pelanggan baru untuk kuartal saat ini, hingga Juni mendatang. Faktor penentunya adalah ketidakjelasan sampai kapan imbauan berada di rumah berlaku.

Tapi, Netflix memperkirakan jumlah pelanggan baru akan turun pada Juli hingga Desember, jika dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya.

Sejumlah rumah produksi televisi maupun film di berbagai negara terpaksa berhenti untuk sementara waktu bisa mengakibtkan beberapa program Netflix tertunda hingga satu kuartal, meski pun hal tersebut justru menambah jumlah arus kas bebas perusahaan.

Netflix menyatakan kebanyakan program mereka untuk 2020 dan 2021 sudah direkam dan saat ini sedang dalam pascaproduksi. (inilah.com)