PT DI Siap Produksi Ventilator Portabel 500 Unit Per Minggu

PT DI Siap Produksi Ventilator Portabel 500 Unit Per Minggu
istimewa

INILAH, Bandung - PT Dirgantara Indonesia (DI) kini memproduksi ventilator yang dibutuhkan pasien Covid-19. Direktur Produksi PT DI M Ridlo Akbar mengatakan, perizinan produksi ventilator saat ini sedang diproses.

“Kita ditugaskan Kementerian untuk membantu proses industrialisasi ventilator agar segera dilakukan. Kita melakukan industrialisasi dengan inovator yang melakukannya, dalam hal ini ITB," kata Ridlo saat kunjungan Gubernur Jabar Ridwan Kamil ke hanggar Fixed Wing PT DI, Jumat (24/4/2020).

Dia menyebutkan, pihaknya kini menyiapkan fasilitas lini produksinya untuk serial production. Kemudian melakukan reverse engineering untuk komponen-komponen yang tidak tersedia di dalam negeri.

"Itu yang menjadi fokus kita hari ini, sehingga diharapkan pada saat izin produksi sudah diterbitkan untuk proses industrialisasinya, kita bisa segera mulai. Target pertama produksi ventilator itu sampai dengan 500 unit per minggu,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau proses poduksi ventilator portabel bernama Ventilator Indonesia atau Vent-I. Produk dalam negeri itu telah dikonfirmasi lulus uji produk dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kementerian Kesehatan.

Ventilator Vent-I merupakan produk kerja sama antara ITB dengan PT DI. Setelah lulus uji produk dan uji klinis, Ventilator Vent-I akan diproduksi sebanyak 500 produk per minggu.

“PT DI sedang mengonversi dari line of production yang tadinya pesawat menjadi sekarang ditugaskan oleh negara untuk memproduksi teknologi kesehatan yaitu ventilator. Ventilator ini ternyata mayoritas yang dibutuhkan adalah ventilator tipe untuk yang sakit tapi masih bisa bernafas," ujarnya. (*)