Tradisi ‘Ngabuburit’ di Tengah Pandemi Corona

Tradisi ‘Ngabuburit’ di Tengah Pandemi Corona
ilustrasi

INILAH, Purwakarta – Ngabuburit, mungkin sudah menjadi ritual tahunan sebagian besar umat muslim di bulan ramadan seperti sekarang ini. Ya, kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat tak kala menunggu waktu berbuka puasa.

Beragam kegiatan kerap dilakukan masyarakat. Semisal, untuk sekedar jalan-jalan di taman kota dan tempat-tempat indah lainnya. Hingga, berburu kebutuhan sandang dan pangan di pusat perbelanjaan sembari menunggu kumandang adzan magrib.

Kabid Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Irfan Suryana menurutkan, selama ini sejumlah taman tamatik di wilayahnya masih menjadi tempat favorit masyarakat untuk ‘Ngabuburit’. Sebut saja di antaranya, Taman Sribaduga (Situ Buleud).

“Keberadaan taman tematik ini menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk ngabuburit. Tapi mohon maaf, dengan kondisi pandemi Covid-19 seperti ini untuk sementara lokasi-lokasi tersebut kami tutup,” ujar Irfan kepada INILAH, Sabtu (25/4/2020).

Irfan menuturkan, kala sore tiba, di momen puasa seperti ini ratusan warga yang didominasi ABG ini berbondong-bondong mendatangi lokasi yang memang sudah dihias cukup indah itu oleh pemerintah setempat.

“Di pusat kota, ada enam taman indah. Hampir seluruh taman yang ada, itu menjadi lokasi ngabuburit masyarakat. Apalagi, Taman Sribaduga (situ buleud),” kata dia.

Irfan menjelaskan, ke enam taman yang arealnya cukup besar ini, antara lain Taman Sri Baduga yang terkenal dengan Air Mancur terbesar se-Asia Tenggara itu. Lalu, Taman Citra Resmi dan Taman Surawisesa yang lokasinya masih satu komplek dengan Sri Baduga. Yakni, di sekitar Jalan KK Singawinata (Situ Buleud).

Kemudian, lanjut dia, taman besar di sekitar Jalan Ganda Negara. Tepatnya, di komplek perkantoran Pemkab Purwakarta. Di lokasi itu, ada tiga taman indah, masing-masing Taman Pancawarna, Taman Maya Datar dan Taman Pasanggarahan Padjdjaran (alun-alun).

“Taman-taman ini, cocok untuk sekedar jalan-jalan ataupun foto-foto,” jelas dia.

Sebenarnya, kata dia, tak hanya di pusat kota, lokasi indah yang kerap menjadi lokasi ngabuburit ini pun tersebar di sejumlah wilayah. Untuk di wilayah selatan misalnya, ada Situ Wanayasa yang masih menjadi lokasi favorit. (Asep Mulyana)