Minyak Dunia Murah, Kok Rakyat Indonesia Buntung?

Minyak Dunia Murah, Kok Rakyat Indonesia Buntung?
Ilustrasi/Net

INILAH, Jakarta - Mungkin hanya Indonesia yang harga Bahan Bakar Minyak (BBM)-nya paling aneh di dunia. Bagaimana tidak, ketika minyak dunia melonjak pemerintah segera naikkan harga BBM. Tapi ketika turun, harga BBM bergeming.

Terkait kebijakan harga BBM di Indonesia, membuat heran Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri. Saat ini, harga minyak kembali longsor hingga kisaran US$21 per barel. Dengan turunnya harga minyak mentah dunia, seharusnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) juga diturunkan agar masyarakat bisa menikmati harga murah.

"Ini kan saatnya rakyat juga menikmati harga BBM yang murah kan, tapi pemerintah tidak menurunkan, its ok. Itu hak pemerintah," ujar Faisal saat teleconference, Jakarta, Jumat (24/4/2020).

Namun, jika pemerintah tidak menurunkan harga BBM saat harga minyak turun, maka ia berharap sebaliknya juga seperti itu. Dimana saat nantinya harga minyak naik, pemerintah juga tidak langsung menaikkan harga BBM.

Dia menyarankan, pemerintah mulai menabung untung dari penurunan harga minyak dunia sedangkan harga BBM tetap saat ini. Dengan demikian, saat harga minyak dunia kembali naik, pemerintah memiliki anggaran untuk menambalnya tanpa harus menaikkan harga BBM.

"Profit yang dinikmati oleh pom bensin itu diambil dong oleh pemerintah, dijadikan tabungan sehingga nanti waktu harga minyak naik, pemerintah tidak serta menaikkan juga. Jadi menggunakan tabungannya itu," tegasnya. [inilahcom]