Polisi Halau Ribuan Kendaraan Pemudik di Perbatasan Jabar

Polisi Halau Ribuan Kendaraan Pemudik di Perbatasan Jabar
ilustrasi/bambang prasethyo

INILAH, Bandung - Ribuan kendaraan pemudik dihalau kepolisian daerah (Polda) Jawa Barat saat hendak memasuki wilayah hukumnya. Penghalauan ini merupakan implementasi dari aturan Pemerintah Pusat terkait larangan mudik.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga mengatakan, jumlah penghalauan tersebut berdasarkan data dari tanggal 24-26 April 2020. Semua kendaraan yang dihalau diminta untuk memutar balik ke arah kedatangannya.

"Total kesuruhan ada 3.683 kendaraan yang dilakukan penghalauan," ucap Erlangga saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (27/4/2020).

Lebih lanjut, Erlangga menyebutkan, dari angka penghalauan tersebut, masih didominasi oleh kendaraan roda dua. Ribuan kendaraan pemudik tersebut dihalau di beberapa pintu masuk wilayah Jawa Barat, baik jalur tol maupun non tol.

"Kendaraan roda dua ada 2.704 kendaraan, roda empat 832 kendaraan dan bus 47 kendaraan," ujar Erlangga.

Saat disinggung asal kendaraan pemudik. Erlangga menambahkan, kendaraan pemudik didominasi berasal dari wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Paling banyak dari Jakarta, yang masuk dari arah timur maupun barat," pungkas Erlangga.

Perlu diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo melarang seluruh warga mudik ke kampung halaman. Warga yang dilarang mudik yaitu mereka yang berasal dari daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta daerah zona merah Covid-19. Larangan tersebut berlaku mulai 24 April lalu. (Ridwan Abdul Malik)