Tiga Startup Indonesia Melaju ke Kompetisi Global

Tiga Startup Indonesia Melaju ke Kompetisi Global
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Tiga perusahaan rintisan digital yang mengikuti Startup Weekend Indonesia pada pekan lalu, melenggang ke Top 20 Global Winner Startup Weekend untuk berkompetisi dengan kontestan dari negara lain.

Ajang tersebut digelar untuk menemukan siapa yang mempunyai ide paling menarik dan terbaik untuk menyelesaikan masalah yang ada akibat dampak dari wabah virus Covid-19.

"Kami berharap para startup yang lahir dari Startup Weekend Indonesia Covid-19 Online ini bukan hanya melahirkan ide, tetapi bisa segera dijalankan, sehingga dapat memberikan dampak signifikan dan konkrit terhadap masyarakat," ujar CEO & Co-founder dari KUMPUL, Faye Alund, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Startup Weekend Indonesia Covid-19 Online yang diadakan KUMPUL, penggerak ekosistem startup dan kewirausahaan di Indonesia, didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta jaringan coworking lokal, mengumpulkan peserta dari seluruh Indonesia untuk berkompetisi membuat startup digital yang dapat menawarkan inovasi dalam mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19.

Startup Weekend Covid-19 Online telah dilaksanakan selama 54 jam secara online pada 24-26 April 2020. Acara juga didukung sektor industri seperti Telkomsel dan PT Bank DBS.

Startup Weekend Indonesia Covid-19 Online mempunyai satu fokus utama yaitu mencari solusi menggunakan teknologi dan platform online dalam mengatasi permasalahan yang terjadi akibat pandemi yang sedang terjadi di seluruh dunia.

Diikuti oleh 1.490 peserta dari 29 provinsi di seluruh Indonesia, acara online ini merupakan Startup Weekend Covid-19 Online terbesar di Asia Pasifik, dan kedua terbesar seluruh dunia.

Setelah mengikuti proses pembelajaran bisnis model canvas, validasi pasar, pengembangan prototype (purwarupa), dan pitching yang dibimbing langsung oleh 50 mentor dengan berbagai latar belakang keahlian bisnis dan startup, maka terpilihlah tiga pemenang tim startup.

Pertama, MediKatalog, sebuah platform marketplace alat-alat medis dan obat-obatan, yang diinisiasi oleh Azhar Rafiq sebagai juara pertama.

Kemudian, Cook Like A Chef, sebuah platform solusi untuk memasak lengkap dengan resep yang terverifikasi dan jasa pengiriman bahan masakan. Diinisiasi oleh Raynald Yudistira, startup ini berhasil memenangkan posisi kedua.

Terakhir, MentorKU, platform edukasi interaktif penyedia jasa mentoring dan konsultasi karir, yang diinisiasi oleh Jesha Vebrattie sebagai juara tiga.

Selain ketiga juara di atas juga terdapat kategori judge’s favorite yang dimenangkan oleh SekolahID. (antara)