Satgas Citarum Harum Bongkar Tempat Mesum dan Mabuk-mabukan di Bantaran Citarum

Satgas Citarum Harum Bongkar Tempat Mesum dan Mabuk-mabukan di Bantaran Citarum
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Sekitar 10 bangunan liar yang berdiri di bantaran Sungai Citarum di Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung dibongkar. Pembongkaran bangunan liar tersebut dilakukan sebagai upaya percepatan, pengendalian, pencemaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi mengatakan, pembongkaran bangunan liar tersebut dilakukan sendiri oleh para pemiliknya setelah sebelumnya diberikan surat peringatan. Mereka yang mendirikan bangunan melebihi batas patok biru PU harus segera membongkarnya. Hal tersebut merujuk pada Perpres No 15 tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum.

"Selain itu kami juga mendapatkan laporan dari warga jika bangunan disana disalahgunakan untuk perbuatan melanggar hukum. Diantaranya dipakai tempat mesum dan mabuk-mabukan. Apalagi sekarang bulan Ramadan, kami harus tutup dan bongkar bangunan liar itu," kata Purwadi, Senin (27/4/2020).

Dia menuturkan, pembongkaran bangunan liar itu bisa dilakukan setelah pihaknya melakukan pendekatan persuasif. Dia meminta para pemilik bangunan untuk membongkar sendiri bangunan miliknya. Mereka diberikan batas waktu hingga 23 April. Jika melebihi tenggat waktu yang telah diberikan, maka petugas akan membongkar paksa. Diharapkan menjelang lebaran kawasan tersebut telah bersih, dan tinggal dilakukan penataan.

"Setelah dibongkar nanti kita lihat, apakah akan dibuatkan taman atau ditanami pohon keras, yang penting saat ini bangunan yang ada ditertibkan dahulu," ujarnya. (Dani R Nugraha)