Satu Pasien Positif Covid-19 di Garut Sembuh

Satu Pasien Positif Covid-19 di Garut Sembuh
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Seorang pasien positif Covid-19 (KC-05) perempuan berusia 45 tahun di Kecamatan Tarogong Kaler dinyatakan sembuh, Senin (27/4/2020).

Hal itu merupakan berita gembira di tengah berita duka dengan bertambahnya dua kasus positif Covid-19 asal Bangladesh di kecamatan yang sama pada hari bersamaan.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut Ricky Rizki Darajat, pasien KC-05 diketahui sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium PCR teranggal 23 April dan 24 April 2020 yang menunjukkan negatif Covid-19.

"Ini merupakan kasus pertama di Kabupaten Garut yang dinyatakan sembuh setelah melalui proses isolasi mandiri sejak ditetapkan sebagai ODP Reaktif dan dilanjutkan proses perawatan di rumah sakit," kata Ricky.

Kendati demikian, lanjutnya, KC-05 yang dinyatakan sembuh tersebut tetap harus mengikuti protokol kesehatan, yaitu harus isolasi mandiri selama 14 hari ke depan sejak dinyatakan sembuh dengan pemantauan keluarga, pemerintahan dan puskesmas setempat.

Sedangkan mengenai dua pasien positif Covid-19 berkebangsaan Bangladesh, kata Ricky, kini sudah mendapatkan penangaman medis di RSU dr Slamet Garut.

"Pada hari ini juga ada ebanyak 43 orng kontak erat dengan KC-07 (asal Cikajang) dilakukan rapid test, dan semuanya non reaktif tetapi, ada beberapa orang di antaranya diambil swab untuk dilakukan pemeriksaan PCR Laboratorium di Bandung," ujarnya. (Zainulmukhtar)