Perhatikan Jangan-jangan Kita Penderita Diabetes

Perhatikan Jangan-jangan Kita Penderita Diabetes
Ilustrasi

DIABETES Melitus (DM) adalah penyakit yang memiliki sifat silent killer. DM bisa menyerang siapa saja, namun terkadang banyak orang yang tidak menyadarinya.

Menurut prof. DR.dr. Sidartawan Soegondo, SpPD - KEMD, FINA, beberapa gejala perlu diperhatikan ketika seseorang sangat terlihat banyak makan kemudian banyak buang air kecil, selain itu banyak minum.

"Ini agak tinggi gula darah ya. Kalau gula darahnya naik, enggak ada gejalanya," ujar Sidartawan Soegondo, saat ditemui di acara Kalbe diskusi kesehatan mengontrol diabetes untuk hidup yang manis, Jakarta, Sabtu, (19/01/2019).

Selain itu, yang harus diperhatikan dari penderita diabetes adalah faktor risiko. Jika seseorang memiliki faktor keturunan dari nenek, orangtua, yang menderita diabetes, ini bisa sangat berpengaruh.

"Kalau sudah ada riwayat sakit gula (diabetes) pada keluarga periksa dulu," tambahnya.

Hal itu untuk mencegah terjadinya diabetes. Kemudian menjadi cara untuk memotivasi diri agar menjalankan gaya hidup sehat agar terhindar dari diabetes.

Jika sudah terkena penyakit diabetes, dokter mulai memberikan obat kepada pasien untuk dikonsumsi. Konsumsi obat pada pasien diabetes harus dipatuhi Dan dijalankan secara teratur.

"Obat nomor tiga. Nomor satu, kasih nasehat agar mengatur makan. Enggak ada yang tidak boleh untuk para penderita sakit gula darah (diabetes) tetapi boleh makan tapi jangan banyak. Kuncinya teratur," katanya.

Loading...