Wow, Samsung Berencana Bikin Sensor Kamera 600MP

Wow, Samsung Berencana Bikin Sensor Kamera 600MP
istimewa

INILAH, Seoul - Samsung mengungkapkan bahwa mereka memiliki rencana untuk membuat sensor kamera dengan megapiksel tinggi. Besaran resolusinya pun tidak tanggung-tanggung, yakni mencapai 600MP.

Rencana tersebut diungkapkan oleh EVP Head of Sensor Business Team, System LSI Business Samsung, Yongin Park, dalam sebuah postingan di Samsung Newsroom.

Menurut dia, rencana tersebut dilatarbelakangi oleh kemampuan mata manusia yang konon mampu melihat dan menangkap gambar dengan resolusi sekitar 500MP.

"Gambar yang kita lihat melalui kedua mata kita disebut setara dengan resolusi 500 MP. Kami sebagai pemain industri (sensor kamera) masih memiliki jalan yang panjang untuk bisa menandingi kemampuan tersebut," kata Yongin.

Seperti diketahui, resolusi kamera yang besar juga bakal berpengaruh terhadap ukuran fisik sensor gambar yang diusung. Di saat yang sama, ukuran sensor gambar smartphone tampaknya harus menyesuaikan dengan bahasa desain perangkat agar bisa dimuat di dalamnya.

Dengan kata lain, Samsung perlu menggodok teknologi sensor gambar yang lebih canggih untuk dapat membuat sensor kamera sebesar 600MP.

Salah satunya bisa jadi dengan memperkecil ukuran setiap piksel di sensor gambar tersebut hingga nantinya bisa digabungkan dan menciptakan gambar dengan resolusi yang besar.

Tren penggabungan piksel seperti ini sebenarnya sudah dipakai oleh Samsung Galaxy S20 Ultra. Smartphone tersebut dipersenjatai sensor Isocell Bright HM1 yang turut dibekali dengan teknologi penggabungan piksel 'Nonacell'.

Dengan teknologi tersebut, smartphone mampu menggabungkan sembilan piksel (3x3) menjadi satu piksel besar untuk menghasilkan gambar 12MP yang kaya akan detail.

Meski demikian, Yongin tidak mengumbar bagaimana sebenarnya Samsung akan membuat sensor dengan resolusi sebesar itu. Dia pun belum mau memaparkan detail waktu pengembangan sensor tersebut. (inilah.com)