DPRD Cimahi Desak Walikota Siapkan Ruang Isolasi di Seluruh RS Cimahi

DPRD Cimahi Desak Walikota Siapkan Ruang Isolasi di Seluruh RS Cimahi
Foto : Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi, Ayis Lavilianto (tengah). (Istimewa)

INILAH, Cimahi- Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi, Ayis Lavilianto mendesak Walikota Cimahi, Ajay M. Priatna dan Gubernur Jawa Barat untuk segera menyediakan ruang isolasi khusus di rumah sakit yang ada di Kota Cimahi. Pasalnya, pasien positif Covid-19 di Cimahi kian bertambah. 

"Pemkot Cimahi dan provinsi harus memerintahkan RS Cibabat dan rumah sakit lainnya agar bersedia menjadi rujukan dan menyediakan ruang isolasi bagi warga yang positif Covid-19," katanya lewat pesan singkat WhatsApp, Senin (27/4/2020).

Ayis mengakui, berdasarkan data yang dihimpun sampai saat ini, pihaknya mendapati 27 warga positif terpapar Covid-19. Namun, kata dia, hanya melakukan isolasi atau karantina mandiri.

"Kita tidak bisa menjamin kalau karantina mandiri itu apakah mereka sudah paham dengan SOP nya  dan apakah fasilitasnya memadai untuk terpisah dari anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah?," ujarnya.

Ayis menilai, hal tersebut sangat berbahaya dan beresiko menularkan ke anggota keluarga yang lain dan bukan tidak mungkin masyarakat sekitar jadi tertular.
 
"Kami meminta kepada Walikota Cimahi memerintahkan bila perlu memaksa agar enam rumah sakit lainnya yg berada di Cimahi bersedia menerima dan mengkarantina warga yg positif covid 19.
Karena baru RS Dustira yang mau menerima pasien positif Corona, sedanghan rumah sakit lainnya hanya menerima yang ODP dan PDP saja," pungkasnya. (agus sn).