World Athletics Luncurkan Dana Kesulitan Virus Corona El Guerrouj

World Athletics Luncurkan Dana Kesulitan Virus Corona El Guerrouj
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - World Athletics (dulu IAAF), Selasa, meluncurkan dana 500.000 dolar AS (sekitar Rp7,686 miliar) untuk membantu atlet yang kesulitan finansial karena pandemi virus corona.

Presiden World Athletics Sebastian Coe menjelaskan dana yang diprakarsai oleh bintang atletik Maroko yang sudah pensiun Hicham El Guerrouj adalah untuk membantu atlet yang kehilangan sebagian besar penghasilannya karena penundaan kompetisi internasional.

"Atlet profesional kami mengandalkan hadiah uang sebagai bagian dari penghasilan mereka dan kami sadar bahwa musim kompetisi kami, baik di lintasan maupun jalan raya, sangat terdampak oleh pandemi," kata Coe seperti dikutip AFP, Rabu (29/4/2020).

Juara Olimpiade 2004 dan pemegang rekor dunia dunia 1500m El Guerrouj muncul dengan ide yang didukung oleh Pangeran Albert dari Monako.

"Pandemi ini menyebabkan penderitaan secara ekonomi bagi orang-orang dari semua bagian masyarakat, termasuk atlet," kata Guerrouj. "Saya senang bahwa Seb dan World Athletics bereaksi sangat positif pada usul saya."

Yayasan Atletik Internasional di bawah pimpinan Pangeran Albert, telah menyumbang dana. (antara)