Jangan Berlebihan Rayakan Kelulusan, Ingat Kita Lagi Pendemik

Jangan Berlebihan Rayakan Kelulusan, Ingat Kita Lagi Pendemik
ilustrasi

INILAH, Bandung - Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat Ingatkan Siswa Kelas XII SMA dan SMK jangan berkelebihan dalam merayakan kelulusan yang akan di umumkan serentak seluruh Indonesia pada hari Sabtu 2 Mei 2020.

Ketua FAGI Jabar Iwan Hermawan menyatakan pada kondisi pandemik corona seperti tidak terpuji jika siswa yang lulus melakukan perbuatan Euforia perayaan kelulusan dengan corat-coret baju, hura-hura atau konvoi yang dapat dikatagorikan melakukan pelanggaran bagi daerah yang sedang melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berakibat katagori pelanggaran hukum yang dapat di beri sanksi oleh aparat penegak hukum.

Untuk Itu kata Iwan, FAGI sepakat dengan Surat Edaran Kadisdik Jawa Barat yang melarang sisiwa untuk hadir ke sekolah saat kelulusan serta melarang perayaan kelulusan dengan melakukan konvoi, hura-hura dan coret-coret baju seragam atau fasilitas lainnya, sekolahpun harus berkoordinasi dengan orangtua sisiwa bahwa pengumuman kelulusan dilaksanakan secara daring dan meminta sisiwa untuk tetap di rumah serta pengumuman kelulusan disampaikan secara daring atau dengan melalui post.

"FAGI himbau sebakinya siswa melakukan Tasyakur Bi Ni’mah dengan mendekatkan diri kepada Illahi agar di beri kemudahan dalam melanjutkan pendidikan atau dimudahkan dalam mendapatkan pekerjaan dimasa yang akan datang," ucap Iwan, Rabu (29/4/2020).

Dia menambahkan FAGI juga menghimbau kepada aparat kepolisian untuk memantau pelaksanaan kelulusan tersebut khawatir jika para siswa yang lulus di tumpangi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan perbuatan anarkis. (Okky Adiana).