Manusia Gerobak dan Pengemis Musiman Mulai Serbu Purwakarta

Manusia Gerobak dan Pengemis Musiman Mulai Serbu Purwakarta
ilustrasi

INILAH, Purwakarta – Kabupaten Purwakarta, sejauh ini menjadi salah satu daerah di Jawa Barat sebagai tujuan kaum urban untuk menetap dan mencari peruntungan. Di momen puasa seperti sekarang ini, dipastikan bakal terjadi peningkatan serbuan kaum urban yang kebanyak dari mereka datang ke wilayah ini tanpa berbekal kemampuan dan kesiapan apapun.

Kasie Operasional dan Pengendalian, Bidang Trantibum pada Satpol PP Purwakarta, Teguh Juarsa tak menampik hal itu. Di momen puasa seperti sekarang ini, wilayahnya memang kerap didatangi kaum urban. Misalnya, pengamen, gelandangan dan pengemis dadakan dan pemulung (manusia gerobak).

“Mereka, merupakan kaum urban musiman lintas kabupten. Jumlah mereka, dipastikan bakal mengalami peningkatan hingga lebaran mendatang,” ujar Teguh saat dihubungi INILAH, Rabu (29/4/2020).

Teguh mengaku, jajarannya pun sudah memprediksi hal itu. Makanya, sejak jauh-jauh hari pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi. Adapun upaya yang akan dilakukan jajarannya, yakni dengan mengintensifkan operasi dan menyiagakan petugas di sejumlah titik yamg selama ini menjadi tempat mangkal mereka.

“Kami akan terus menyisir lokasi-lokasi yang menjadi tempat mereka berkumpul. Semisal, di sekitar lampu merah dan sejumlah titik keramaian lainnya,” jelas dia.

Dia menjelaskan, sejauh ini pola yang dilakukan jajarannya kepada mereka yang terjaring operasi, yakni dengan melakukan pembinaan. Kalau para pengemis yang terjaring razia ini dari luar daerah, mereka akan langsung dikembalikan ke daerah asal.

Menurut Teguh, kedatangan kaum musiman ini perlu diantisipasi. Apalagi, momen puasa kali ini berbarengan dengan mewabahnya virus corona. Sehingga hal itu perlu diwaspadai bersama, sebagai bagian dari upaya penanggulangan dan pencegahan menyebarnya wabah Covid-19 itu. (Asep Mulyana)