Industri Game Digital Catat Pendapatan Tertinggi

Industri Game Digital Catat Pendapatan Tertinggi
istimewa

INILAH, Jakarta - Bagi industri game global, wabah COVID-19 mengakibatkan terhambatnya proses produksi game. Tapi di sisi lain, pandemi ini juga membuat industri game digital kebanjiran untung karena konsumen.

Berdasarkan hasil riset dari lembaga SuperData, pendapatan dari belanja video game digital secara keseluruhan pada Maret 2020 mencapai US$10 miliar atau sekitar Rp153,7 triliun.

Angka tersebut merupakan rekor terbesar yang dicatat dalam satu bulan dan meningkat 11 persen secara year-over-year dibandingkan Maret 2019, saat pendapatan industri tercatat sebesar US$9 miliar atau sekitar Rp138,3 triliun.

Raihan ini dipacu oleh judul-judul game baru yang mencatat penjualan tinggi. Di kategori game konsol, Animal Crossing: New Horizons di Nintendo Switch mencatat rekor penjualan game digital tertinggi dengan angka 5 juta kopi pada Maret 2020.

Di kategori game PC, Doom Eternal terjual 3 juta kopi pada bulan lalu, tiga kali lebih tinggi dibandingkan pendahulunya, Doom, yang dilansir pada 2016.

Sementara, penambahan fitur baru 'Warzone' pada Call of Duty mendongkrak angka pengguna aktif bulanannya sebesar 150 persen menjadi 63 juta.

Game mobile juga banyak mendulang pendapatan dengan peningkatan year-over-year mencapai 15 persen pada Maret 2020, menjadi US$5,7 miliar atau sekitar Rp87,6 triliun.

Honor of Kings menduduki peringkat teratas soal pendapatan. Beberapa judul lama yang populer juga mengalami peningkatan revenue, seperti Pokemon GO yang mencatat pemasukan US$111 juta atau sekitar Rp1,7 triliun pada Maret 2020, naik 18 persen dibanding bulan sebelumnya. (inilah.com)