Ayat-ayat Penyadar Kesombongan dan Kelengahan Diri

Ayat-ayat Penyadar Kesombongan dan Kelengahan Diri
ilustrasi

ADA banyak ayat al-Qur'an yang secara jelas dan tegas menegur arogansi kita, kesombongan kita dan ketidakbenaran kita dalam memilih haluan hidup. Sayangnya, kita tidak mengerti makna ayat-ayat itu sehingga yang menyentuh kita hanya nada, irama dan suara sang pembaca.

Andai kita memahami maknanya, apalagi mengetahui bagaimana tafsirnya dan bagaimana ayat itu saat diturunkannya, maka AKAN MELELEH AIR MATA KITA karena malu, haru, takut dan penuh harap akan pertolongan Allah. Semua rasa menyatu menyentuh kalbu.

Akhirnya, kitapun berucap lirih: "Luar biasa firmanMu ya Allah, Mahabenar Engkau ya Rabb, bimbing kami menuju ridlaMu walau hamba kini penuh noda dan dosa.

Coba renungan pembacaan ayat-ayat berikut ini. Baca pula terjemahannya. Renungkan pesan-pesan yang dibawanya. Saya yakin bahwa jika hati kita masih ada ruang yang tak tertutup hitam pekatnya doa, air mata kita akan mengalir deras, hati kita akan tak henti memohon ampunan dan bimbinganNya. Renugkanlah. Salam, hama Allah yang lemah penuh dosa. AIM. [KH Ahmad Imam Mawadi]