Di Kota Bogor, Rapid Test Sasar Pedagang Pasar Tradisional

Di Kota Bogor, Rapid Test Sasar Pedagang Pasar Tradisional
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Ratusan pedagang di Pasar Sukasari, Pasar Bogor, Plaza Bogor dan PKL Jalan Pedati mengikuti rapid test uji reaktif Covid-19 di Jalan Bata, Kecamatan Bogor Tengah, Rabu (29/4/2020).

Sebelum dilaksanakan pemeriksaan para pedagang terlebih dulu antre dan dibagi waktu pemeriksaan untuk menghindari kerumunan, pengisian biodata para pedagang dilakukan secara terpisah sesaat sebeleum diambil sample darah.

Dirut Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor Muzakkir mengatakan, bahwa pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor untuk melakukan rapid test.

"Di sekitar pasar Plaza Bogor dan pasar yang kami libatkan total sekitar 300 kit rapid test yang dilakukan hari ini," jelasnya.

Muzakkir menjelaskan, tidak hanya penjual atau pedagang yang dilakukan rapid test, para pembeli juga secara acak diambil sample darah untuk dilakukan rapid test.

"Selanjutnya kita harapkan ini terus lanjut dipasar lainnya. Karena sesuai instruksi Wali Kota Bogor Bima Arya yang mengarahkan pengecekan rapid test ditempatkan umum atau areal publik guna mengetahui penyebaran Covid-19," terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, kemungkinan besar terpaparnya Covid-19 itu ada di tempat umum. Hal itu berdasarkan evaluasi PSBB tahap pertama kemungkinan terpapar itu orang-orang yang memang interaksi di pasar dan stasiun.

"Ketika dicek sebagaian besar beraktivitas di tempat umum nah jadi kita menyasar ke situ. Makanya hari ini saya cek langsung di tempat," tutur Bima. (Rizki Mauludi)