Layanan Google Stadia Tembus 1 Juta Unduhan

Layanan Google Stadia Tembus 1 Juta Unduhan
Ilustrasi/Net

INILAH, San Francisco - Di tengah wabah virus corona (COVID-19) yang memaksa orang lebih banyak beraktifitas di rumah, membuat layanan Google Stadia semakin dilirik oleh para pencinta game.

Mengutip WCCF Tech, platform gaming berbasis komputasi awan atau cloud tersebut kini telah diunduh lebih dari 1 juta kali di seluruh dunia.

Menurut firma riset SensorTower, lonjakan jumlah unduhan tersebut dikarenakan oleh penggratisan layanan Stadia yang diumumkan Google pada awal April lalu.

Saat itu, raksasa teknologi AS tersebut mengatakan bahwa mereka akan membebaskan biaya berlangganan Stadia versi Pro selama dua bulan ke depan, atau hingga Juni 2020.

Selain itu, Google juga meluncurkan Stadia versi standar (base) yang kini sudah bisa dinikmati oleh pengguna di 14 negara, termasuk AS, Kanada, Inggris, dan 11 negara Eropa lainnya.

Oleh karena itu, maka tidak mengherankan apabila angka unduhan Stadia semakin meningkat. Apalagi, banyak negara di dunia yang saat ini mengimbau masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah demi menekan penyebaran wabah COVID-19.

Sebab, bermain video game juga menjadi alternatif hiburan bagi mereka yang merasa bosan berdiam diri di dalam rumah.

Meski demikian, pihak Google belum memberikan pernyataan resmi terkait jumlah unduhan layanan Stadia yang tercatat mencapai 1 juta unduhan tersebut.

Layanan Stadia bisa dinikmati di sejumlah perangkat, seperti desktop (PC), Chromecast, hingga smartphone berbasis Android dan iOS.

Untuk memainkan aneka game di aplikasi tersebut, pengguna sejatinya membutuhkan controller yang mendukung layanan cloud gaming ini. Salah satunya adalah Stadia Controller yang turut dijual Google secara terpisah. (Inilahcom)