PSBB Bodebek, DPRD Jabar : Kemungkinan Diperpanjang

PSBB Bodebek, DPRD Jabar : Kemungkinan Diperpanjang
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Bandung – Sudah lebih dari tiga pekan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) berjalan. Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Dadang Kurniawan mengaku puas akan hasilnya.

                Dia mengatakan, tidak menutup kemungkinan PSBB di Bodebek akan terus diperpanjang guna menggerus jumlah penderita covid-19. Mengingat saat ini terang Dadang, dari data yang diterimanya di lapangan, sudah terjadi penurunan penderita pasca diberlakukan PSBB.

                “Kemungkinan besar akan diperpanjang lagi. Karena kalau dilihat dari efektivitasnya, PSBB ini berhasil. Terlihat dari grafik, ada penurunan jumlah penderita. Sebab kita bisa menekan aktivitas yang sebabkan kerumunan. Proses pelaksanaannya bertahap, seperti yang sekarang. Mungkin ditambah dua minggu lagi. Sambil nanti kita evaluasi,” ujar Dadang kepada INILAH, Kamis (30/4/2020)

                Sementara mengenai PSBB Bandung Raya, Dadang menyebut pemberlakuan di Bodebek tetap menjadi tolok ukur pemerintah dalam pelaksanaannya. Termasuk mekanisme aturan yang bakal ditetapkan, mengingat banyak dampak menyeruak selama satu pekan terakhir.

                “Pelaksanaan di Bodebek tetap jadi rujukan kita untuk Bandung Raya. Karena disana lebih kompleks. Sedangkan untuk Bandung Raya, rencananya sore ini kita mau evaluasi. Kita akan lihat dari sudut pandang lain, karena sangat berdampak. Terutama ekonomi. Ini akan jadi pertimbangan kita, untuk dicari solusi seperti apa. Kalau untuk pelaksanana