Gandeng Warung Nasi, Relawan Indonesia Bersatu Bagikan 500 Nasi Bungkus Setiap Hari

Gandeng Warung Nasi, Relawan Indonesia Bersatu Bagikan 500 Nasi Bungkus Setiap Hari
Gandeng Warung Nasi, Relawan Indonesia Bersatu Bagikan 500 Nasi Bungkus Setiap Hari

INILAH, Bandung,-Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, tak menyurutkan langkah Relawan Indonesia Bersatu Jawa Barat berhenti bergerak. Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, sekaligus mengisi kegiatan Ramadan, Relawan Indonesia Bersatu Jabar membagikan nasi bungkus dan takjil gratis.

Hebatnya, para relawan ini menggandeng sejumlah rumah makan skala Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam memenuhi nasi bungkus dan takjil yang akan dibagikan kepada masyarakat tersebut.

Ketua Relawan Indonesia bersatu Jawa Barat, AA Abdul Rozak mengatakan, dalam setiap harinya ada 500 nasi bungkus yang dibagikan ke sejumlah titik di Kota Bandung. "Kami bekerjasama sama dengan Persatuan Warung Nasi Jawa Barat, secara serempak membagikan nasi bungkus dan Takjil Gartis Bagi warga yang terdampak Covid 19," ujar dia,di sela-sela pembagian nasi bungkus dan takjil di Kawasan Jalan Banda, Kota Bandung, Kamis (30/4/2020).

Menurut dia, kerjasama dengan sejumlah warung nasi tersebut, selain membantu warga yang terdampak Covid 19, juga dalam rangka memutar roda ekonomi para pengusaha rumah makan yang mulai lesu sejak Pedemi Virus Covid 19. "Sejak wabah Covid 19, perekonomian morat marit, tak sedikit para pengusaha ekonomi lemah gulung tikar, termasuk para pemilik rumah makan sederhana, seperti Warung tegal (Warteg) ataupun Warung Nasi sunda," ujarnya.

Rozak menuturkan target pemberian nasi bungkus dan Takjil ini, ditujukan kepada penggayuh becak, petugas kebersihan dan door to door ke rumah-rumah di kawasan padat di Kota Bandung.

Pada kesempatan yang sama, Pemilik Warteg Bahari, Muntacili (33) mengaku merasa terbantu dengan adanya bantuan kerjasama tersebut. Diakuinya selama masa pendemi COVID-19, omset penjualannya menurun hingga 70 persen.  "Ini pertama kali ada orderan seperti ini, dan sangat membantu di tengah sepinya penjualan. Jadi bisa bantu-bantu usaha ketika wabah corona seperti ini," ujar Muntacili. (rianto nurdiansyah)