Positif Covid-19 di Kota dan Kabupaten Bogor Tambah 24 Kasus

Positif Covid-19 di Kota dan Kabupaten Bogor Tambah 24 Kasus

INILAH BOGOR,- Kasus positif Covid-19 di Kota dan Kabupaten Bogor bertambah menjadi 24 kasus. Dari 24 kasus tersebut 11 kasus bertambah di Kota Bogor, sementara 13 kasus di Kabupaten Bogor.

Untuk Kota Bogor, dengan bertambahnya 11 kasus saat ini, maka jumlah positif menjadi 88 kasus, sedangkan kasus positif dalam perawatan di rumah sakit bertambah 10 kasus menjadi 64 kasus.

"Satu kasus positif COVID-19 lainnya di Kota Bogor meninggal dunia, sehingga jumlah kasus meninggal dunia menjadi 14 kasus," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno, sebagai Juru Bicara Pemerintah Kota Bogor untuk Siaga Corona, melalui pernyataan tertulisnya, di Kota Bogor, Jumat (1/5/2020)

Menurut Retno, panggilan Sri Nowo Retno, tambahan 11 kasus positif adalah dari Dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sebanyak enam kasus yakni lima kasus dalam perawatan di rumah sakit, serta satu kasus meninggal dunia.

Kemudian dari Dinas Kesehatan Jawa Barat, kata dia, ada tambahan dua kasus dalam perawatan di rumah sakit, serta tambahan dari Dinas Kesehatan Kota Bogor ada tiga kasus. "Sedangkan, kasus positif yang sembuh jumlahnya masih tetap 10 kasus," katanya.

Pasien dalam pengawasan (PDP) di Kota Bogor pada Jumat hari ini bertambah tiga pasien menjadi 194 pasien, sedangkan yang meninggal dunia juga bertambah satu pasien menjadi 35 pasien. "Pasien sembuh jumlahnya berkurang satu menjadi 61 pasien, sehingga pasien dalam pangawasan jumlah bertambah lima, menjadi 98 pasien," katanya.

Warga Kota Bogor yang berkategori orang dalam pemantauan (ODP) sampai Jumat hari ini tercatat sebanyak 1.086 orang. Dari jumlah tersebut dinyatakan selesai pemantauan atau sebanyak 953 orang, sehingga dalam pemantauan ada 133 orang.

Sedangkan, Warga Kota Bogor yang masuk kategori orang tanpa gejala (OTG) ada sebanyak 164 orang. Dari jumlah tersebut, 61 orang dinyatakan selesai dan 103 orang dalam pemantauan.

Sementara itu, data pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dalam aplikasi PIKOBAR, hingga JUmat, 1 Mei 2020, pukul 20:43 WIB, menyebutkan, total kasus positif COVID-19 ada 1.012 kasus.

Dari jumlah tersebut, kasus positif COVID-19 meninggal dunia sebanyak 83 kasus, sembuh 145 kasus, serta 784 kasus positif lainnya masih dalam perawatan di rumah sakit.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP), jumlah keseluruhan hingga Senin hari ini ada 4.994 pasien, dan dari jumlah tersebut 3.118 pasien dinyatakan sudah selesai pengawasan, serta 1.876 pasien masih dalam pengawasan.

Warga Jawa Barat berstatus orang dalam pemantauan (ODP) ada sebanyak 32.926 orang, dan dari jumlah tersebut sebanyak 27.060 orang dinyatakan selesai pemantauan, sehingga dalam pemantauan ada 8.533 orang.

Sementara itu, hasil pendataan di Kabupaten Bogor, masyarakat di wilayah timur Kabupaten Bogor mendominasi tambahan pasien yang terkonfirmasi positif wabah virus corona (covid 19), dari 13 orang yang baru positif tersebut 12 orang diantaranya warga Kecamatan Gunung Putri dan Cileungsi, sedangkan 1 orang lainnya warga Kecamatan Bojonggede.

"Hari ini ada 13 orang warga yang terkonfirmasi positif wabah virus corona hingga total ada 131 orang atau kasus," ucap Ketua Gugus Tugas Penangganan Covid 19 Kabupaten Bogor Ade Yasin kepada wartawan, Jumat (1/5/2020)

Mantan advokat ini menerangkan dari 131 kasus tersebut pasien postitif wabah virus corona yang telah  sembuh  ada 13 Orang, yang meninggal dunia ada 11 orang dan yang masig dirawat di rumah sakit ada 107 orang.

"Karena keterbatasan ruang isolasi rumah sakit yang ada dan karena mereka banyak yang bekerja di DKI Jakarta, banyak juga pasien yang positif wabah virus corona ini yang dirawat di rumah sakit di DKI Jakarta," terangnya.

Ade menuturkan data warga yang hari ini positif wabah virus corona ialah laki - laki usia 24 tahun, laki - laki usia 29 tahun, laki - laki usia  60 tahun, laki - laki usia 46 tahun, laki - laki usia 44 tahun, perempuan usia 52 tahun, perempuan usia 20 tahun, perempuan usia 18 tahun dan perempuan usia  57 tahun yang semua asalnya dari Kecamatan Gunung Putri.

"Lalu ada laki - laki usia 24 tahun asal Kecamtan Bojonggede, perempuan usia 41 tahun, perempuan usia 46 tahun dan laki -laki usia 54 tahun yang merupakan warga Kecamatan Cileungsi," tutur Ade.

Wanita yang memiliki nama kecil Ade Munawaroh ini melanjutkan bahwa  jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) hari ini ada  315 orang, sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 491 Orang.

"Untuk jumlah ODP ada penurunan dari 323 orang menjadi 315 orang, sementara jumlah PDP ada kenaikan dari 469 orang menjadi 491 orang. Untuk PDP yang meninggal dunia ada tambahan 3 orang hingga totalnya ada 34 orang, data ke 3 orang itu ialah laki - laki usia 20 tahun asal Kecamatan Parungpanjang, perempuan usia 24 tahun asal Megamendung dan perempuan usia 30 tahun asal Citeureup," lanjutnya. (Reza Zurifwan)

Data pasien positif aktif wabah virus corona  :
Kecamatan Gunung Putri ada 27 orang.
Kecamatan Cileungsi ada 20 orang.
Kecamatan Cibinong ada 16 orang.
Kecamatan Bojonggede ada 15 orang.
Kecamatan Kemang ada 5 orang.
Kecamatan Ciampea ada 4 orang.
Kecamatan Citeureup ada 3 orang.
Kecamatan Tamansari ada 3 orang.
Kecamatan Babakan Madang ada 3 orang.
Kecamatan Gunung Sindur ada 3 orang.
Kecamatan Tajur Halang ada 2 orang.
Kecamatan Ciawi, Parung, Ciomas, Caringin, Leuwisadeng dan Parungpanjang, ada 5 orang.