Belasan Jenazah Terbawa Longsor dan Masuk Sungai di TPU Cikutra

Belasan Jenazah Terbawa Longsor dan Masuk Sungai di TPU Cikutra
istimewa

INILAH, Bandung - Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung pada Jumat (1/5/2020) malam membuat sejumlah wilayah terjadi longsor.

Akibatnya, Belasan jenazah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikutra terbawa longsor dan masuk ke sungai, tepatnya di RW 02 Kelurahan Neglasari, Cibeunying, Kota Bandung.

Kepala UPT Pemakaman Wilayah 3 Kota Bandung, Sumpena mengatakan, sebagian besar jenazah sudah berhasil diambil kembali dari sungai oleh petugas TPU Cikutra. Dia menyebutkan, terdapat tiga tempat pemakaman yang jenazahnya tergerus longsor dan masuk ke sungai.

"Pemakaman di blok E terdapat 12 jenazah yang sempat masuk ke sungai. Kemudian ada di blok F empat jenazah. Dan satu kawasan pemakaman di mana tanahnya adalah wakaf juga empat jenazah," ucap Sumpena saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (2/5/2020).

Lebih lanjut, Sumpena memastikan, para jenazah tersebut dinilainya tidak akan terbawa arus kembali. Pasalnya, belasan jenazah tersebut telah dimakamkan kembali di lokasi yang cukup aman dan jauh dari lokasi sebelumnya, yant terjadi longsor.

"Posisinya jauh dari tempat longsor sehingga dipastikan ketika hujan, jenazah ini tidak akan kembali terbawa aliran tanah menuju sungai," ungkap Sumpena.

Meski begitu, Sumpena menambahkan, masih terdapat makam yang tidak terdampak longor, namun harus segera dipindahkan. Hal itu dilakukan guna meminimalisir kembali terjadi kejadian serupa.

"Di blok E ada 15 pemakaman. Di blok F ada dua pemakaman lagi. Kemudian ada juga di tanah wakaf warga," tutur Sumpena.

Saat disinggung, jumlah jenazah yang belum ditemukan. Sumpena menyebutkan, masih ada satu jenazah yang masuk sungai dan belum bisa ditemukan.

Namun, lanjut Sumpena, mencari jenazah tersebut sebenarnya bukan kewajiban dari pihak petugas di TPU Cikutra. Karena ini merupakan sebuah bencana, maka petugas akan berupaya mencari jenazah itu.

"Tinggal satu belum ketemu. Kita akan coba cari sampai ketemu," tuturnya.

Perlu diketahui sebelumnya, Hujan deras dengan intesitas tinggi mengguyur kawasan Bandung Raya. Kejadian longsor itu, terjadi pada Jumat (1/5/2020), tepatnya sekira pukul 22.30 WIB. (Ridwan Abdul Malik)