Gandeng UMKM, Ansor Kota Bandung Bagi Takjil dan Makanan Gratis

Gandeng UMKM, Ansor Kota Bandung Bagi Takjil dan Makanan Gratis
istimewa

INILAH, Bandung - Dalam rangka membantu sesama manusia di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Bandung membagikan makanan dan tajil gratis yang dibeli dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bagi tajil dan makanan gratis oleh GP Ansor Bandung ini dilakukan serentak di lima titik, yakni di Kecamatan Rancasari, Cigondewah Bandung Kulon, Babakan Ciparay, Cicendo, dan di sekretariat Ansor Kota Bandung Jl Yudha no 3 Kota Bandung.

"Bulan ramadhan adalah waktu yang sangat baik untuk berbagi. Kami juga ingin UMKM tetap tumbuh, jangan sampai gulung tikar," ucap Ketua Ansor Kota Bandung, AA Abdul Rozak, di Kantornya, Jalan Yuda, Sabtu (2/5/202).

Rozak mengungkapkan, pilihan untuk membeli barang dagangan milik pedagang kecil adalah ibarat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Selain membantu masyarakat secara umum, kegiatan tersebut juga dinilainya dapat turut serta berperan dalam membantu UMKM agar tetap mendapatkan keuntungan.

"Pada saat yang sama kita bantu masyarakat, sekaligus ikut menyelamatkan UMKM dan pedagang kecil," ujar Rozak.

Lebih lanjut, Rozak memastikan, ribuan makan dan tajil gratis ini dibagikan oleh kader Ansor dan Banser, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, jaga jarak dan tidak berkerumun.

Ditemui ditempat yang sama, Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Ansor Kota Bandung Abdul Basith, menuturkan, selain kegiatan bagi tajil dan makanan gratis, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah kegiatan sosial lainnya. Namun, Basith belum merincikan jenis kegiatan sosial yang akan dilakukan.

Meski begitu, lanjut Basith, fokus kegiatan sosial dari GP Ansor untuk saat ini, yaitu membantu masyarakat terdampak akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

"Insyaallah ini (kegiatan sosial) akan terus berjalan tentunya dengan gerakan sosial lainnya. Semoga bisa sedikit meringankan beban di masa pandemi Covid-19 ini," tandas Basith.

Satu diantara pedagang kecil yang dagangannya diborong asal Kecamatan Rancasari, Ati, mengapresiasi langkah GP Ansor Kota Bandung ini.

"Alhamdulillah dagangan saya jadi laku, tidak seperti biasanya. Ini sangat membantu," ungkap Ati. (Ridwan Abdul Malik)