Waktu Mepet, Grand Design PSBB Cirebon Belum Final

Waktu Mepet, Grand Design PSBB Cirebon Belum Final

INILAH, Cirebon - Pemkab Cirebon menyebutkan grand design pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk Kabupaten Cirebon, belum final. Sampai saat ini, Pemkab masih melakukan koordinasi dengan Pemprov Jawa Barat serta koordinasi dengan Kota dan Kabupaten di Ciayumajakuning. 

Kabag Humas Pemkab Cirebon, Nanan Abdul Manan, menyampaikan hal tersebut Sabtu (2/5) sore. Dia menyebutkan belum ada keputusan final apapun berkaitan dengan grand design PSBB di Kabupaten Cirebon.

Dia juga meluruskan, bahwa info grand design PSBB yang tersebar di masyarakat, belum pasti. Namun, adanya info grand design tersebut, sebenarnya salah satu konsep yang disampaikan dari salah satu instansi.

“Kami masih melakukan koordinasi dengan Pemprov Jabar dan Wilayah Ciayumajakuning. Grand designnya belum ada sama sekali. Yang berkembang itu, mungkin konsep yang diajukan salah satu SKPD," kata Nanan ketika dihubungi INILAHKORAN, Minggu (3/5/2020).

Dalam info grand design yang kadung tersebar, lanjut Nanan, terdapat informasi mengenai wilayah mana saja yang akan menerapkan PSBB. Selain itu, tercantum juga sejumlah titik check point dan peraturan selama PSBB. Padahal, Bupati dan Forkopimda baru membahas mengenai masukan, untuk penyusunan peraturan bupati. Hal itu nantinya, sebagai salah satu landasan pelaksanaan PSBB.

"Rapat Sabtu kemarin itu baru meminta masukan dalam rangka menyusun Peraturan Bupati tentang PSBB. Nanti, penentuan jumlah titik check point akan dirapatkan lagi oleh divisi gugus tugas yang membidangi," ungkap Nanan.

Nanan menambahkan, kepastian mengenai kapan pelaksanaan PSBB yang diselenggarakan di Kabupaten Cirebon, masih menunggu keputusan gubernur. Sementara mengenai model PSBB apakah menggunakan parsial atau total, akan di koordinasikan terlebih dahulu dengan kabupaten dan kota Se-wilayah III Cirebon.

"Nanti keputusannya saya umumkan kembali. Ini supaya ada kesepahaman informasi. Intinya, Pemkab Cirebon belum pernah mengeluarkan grand design PSBB. Kami tidak mau membuat masyarakat bingung ditengah situasi yang tidak menentu ini, tukas Nanan. (maman suharman)