Atlet Pelatda Dayung Jabar Ikuti Pemusatan Latihan di Tengah Pandemi Covid-19

Atlet Pelatda Dayung Jabar Ikuti Pemusatan Latihan di Tengah Pandemi Covid-19
istimewa

INILAH, Bandung - Meski pandemi virus corona (Covid-19) belum berakhir, para atlet Pelatda Dayung Jawa Barat memilih untuk menjalani pemusatan latihan. Program ini dilakukan di Cipule, Kabupaten Karawang. 

Pelatih Dayung Jabar Dian Kurniawan mengatakan selama pemusatan latihan ini para atlet tidak diperbolehkan keluar area Situ Cipule. Terkecuali jika ada keperluan mendesak yang memang tidak bisa ditinggalkan. 

Selain itu, para atlet juga diwajibkan menggunakan masker saat melakukan kegiatan di luar jam latihan. Aturan itu ditetapkan berdasarkan surat edaran dari KONI Jabar Nomor: 0349/0.4/III/2020 tentang perpanjangan peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi Covid-19. 

"Para atlet wajib untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan menjaga kesehatan, menjaga kebugaran dengan tetap aktif, menjaga kebersihan serta menghindari kegiatan di tempat umum. Pengurus juga sudah menyediakan sarana mencuci tangan disekitar latihan dan mes," ujar Dian saat dihubungi, Minggu (3/5/2020).

Meski demikian, Dian mengaku tidak bisa menaikkan intensitas latihan. Sebab imunitas tubuh para atlet harus tetap terjaga.

Sementara itu, atlet kayak putri Selvianti Devi Hidayat mengaku tidak mengalami kendala dengan program pemusatan latihan ini. Bahkan, dia mengaku program latihan berjalan dengan lancar meski dalam berbarengan dengan ibadah puasa.

"Tapi kangen juga sama keluarga. Biasanya satu minggu sekali pulang. Tapi sekarang tidak bisa, harus karantina," ungkap Selvi.

Meski demikian, peraih medali emas nomor kayak 4 putri di babak kualifikasi PON XX ini tetap semangat berlatih. Tujuannya agar bisa tampil sempurna saat pelakanaan PON XX di Papua 2021 mendatang. 

"Kalau di rumah memang sih ruang lingkup terbatas, pasti ada rasa jenuh juga untuk latihan karena sendiri. Tapi karena di sini bareng tim jadi ya semangat latihannya juga menggebu. Di sini juga prosedur kesehatan diperhatikan. Kalau pulang ya khawatir juga sebenarnya," tuturnya 

Sebelumnya, KONI Jabar mengirimkan tim medis untuk memeriksa 79 atlet, 10 pelatih dan 10 tukang masak yang berada di tempat pemusatan latihan atlet Pelatda Dayung Jabar. Seluruh kegiatan pemusatan latihan dayung tersebut dipantau tim kesehatan setempat, seperti tenaga medis dari Kabupaten Karawang dan juga tim keamanan dari Polsek Ciampel Kabupaten Karawang. (Muhammad Ginanjar)