Aplikasi Populer Selama Puasa #DiRumahAja

Aplikasi Populer Selama Puasa #DiRumahAja
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Ramadan tahun ini memang berbeda dari biasanya, karena harus berpuasa #dirumahaja guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Untuk mengisi waktu, apalagi saat akhir pekan--yang biasanya menjadi waktu tepat untuk berbuka puasa bersama teman dan keluarga besar, kini lebih banyak dihabiskan dengan perangkat seluler dan aplikasi di dalamnya.

Dari pantauan Antara, Minggu, sejumlah aplikasi yang berada di posisi populer dan menjadi trending di antaranya aplikasi olah raga, game dan aplikasi media sosial.

Pada toko aplikasi milik Apple, App Store, tiga aplikasi yang paling tren di Indonesia saat ini adalah 30 Day Fitness, HBO GO dan Youtube.

Seperti namanya, aplikasi 30 Day Fitness menantang pengguna untuk melakukan olah raga sekaligus "bertransformasi" dalam 30 hari.

​Dengan gerakan sederhana, seperti plank dan squat namun dilakukan secara rutin setiap hari selama beberapa menit, aplikasi ini menjanjikan penurunan berat badan dan mengencangkan lengan dan paha.

Selanjutnya, aplikasi streaming video HBO GO menawarkan berbagai film blockbuster Hollywood. Meski Youtube merupakan aplikasi yang bisa dikatakan lebih tua dibanding HBO GO, inovasi Youtube, seperti menghadirkan serial eksklusifnya sendiri dalam "Originals" kemungkinan menjadi alasan kenapa aplikasi milik Google itu berada di posisi populer.

Sementara itu, pada toko aplikasi milik Google, Play Store, aplikasi paling populer memiliki empat kategori. Untuk posisi tiga teratas dalam kategori aplikasi "gratis teratas" adalah WhatsApp, Facebook, dan TikTok.

Di antara dua aplikasi lainnya, TikTok tampak seperti "kuda hitam" yang berhasil menembus kepopuleran dengan berbagai challenge yang banyak dilakukan selama Ramadhan, dan bahkan inisiasi yang dilakukan selama pandemi Covid-19.

Kemudian, pada kategori aplikasi "terlaku" ada aplikasi HAGO yang memiliki lebih dari 80 game untuk dimainkan, serta dua aplikasi selanjutnya adalah aplikasi komik LINE Webtoon dan Kakaopage.

Pada kategori "trending," aplikasi Tokopedia menduduki posisi teratas, hal ini bisa jadi dikarenakan marketplace tersebut sedang ditimpa isu kebocoran data pengguna. Selanjutnya, ada aplikasi Rangkaian Fitur Aksesibilitas Android dan BACA PLUS.

Terakhir, pada kategori aplikasi "berbayar - populer," alat booster GFX dengan harga instal Rp4.000, Game Booster 4x Faster Pro, menduduki posisi pertama. Selanjutnya, ada alat untuk memantau status koneksi jaringan, Ping Tools Pro, dengan harga instal Rp18.888, dan game dengan harga instal Rp17.000, Panda Gamepad Pro.

Aplikasi game menjadi populer karena banyak orang yang menghabiskan waktu di rumah saja dengan bermain game. Hal ini sesuai dengan data dari Asosiasi Game Indonesia (AGI) yang mencatat kenaikan sektor game digital berkisar 10 hingga 15 persen selama pandemi Covid-19. (antara)