PM Pantai Gading Dievakuasi ke Prancis untuk Pemeriksaan Medis

PM Pantai Gading Dievakuasi ke Prancis untuk Pemeriksaan Medis
Ilustrasi (antara)

INILAH, Abidjan - Perdana Menteri Pantai Gading Amadou Gon Coulibaly, yang merupakan kandidat presiden partai berkuasa untuk pilpres Oktober mendatang, diterbangkan ke Prancis pada Sabtu (2/5) untuk menjalani pemeriksaan medis, menurut keterangan kantor pemerintahan.

Pernyataan singkat kantor pemerintahan pada Minggu tidak memberikan informasi lebih lanjut mengenai status kesehatan Gon Coulibaly, padahal perdana menteri berusia 61 tahun itu sudah menjalani isolasi mandiri mulai akhir Maret karena kemungkinan terpapar virus corona kendati hasil tes menunjukkan negatif.

Pantai Gading mencatat lebih dari 1.300 kasus infeksi virus corona dan 15 kasus kematian hingga saat ini, dan merupakan satu dari sekian negara dengan laporan kasus terbanyak di Afrika Barat.

Menteri Pertahanan Hamed Bakayoko, yang juga baru pulih dari Covid-19 pada bulan lalu, akan menjabat sebagai perdana menteri interim dalam mengisi kekosongan jabatan untuk sementara.

Presiden Pantai Gading yang saat ini menjabat periode kedua di pemerintahan, Alassane Ouattara, sejak Maret lalu mempersiapkan Gon Coulibaly sebagai kandidat dari partai berkuasa partai RHDP untuk pemilu presiden. (antara)