Warga Terdampak Covid-19, Purwakarta Siapkan 100 Ton Beras 

Warga Terdampak Covid-19, Purwakarta Siapkan 100 Ton Beras 
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta, menyiapkan 100 ton beras sebagai bantuan bagi masyarakat yang terdampak wabah Covid-19. Bantuan pangan ini, diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat, khususnya mereka yang ada di enam kecamatan yang diberlakukan PSBB.

“Ada cadangan 100 ton beras yang kami simpan di Bulog dan siap disalurkan ke masyarakat untuk pelaksanaan PSBB nanti,” ujar Anne kepada INILAH, Senin (4/5/2020).

Anne menjelaskan, cadangan beras ini memang sudah disiapkan untuk penanganan Covid-19. Untuk bantuan beras tersebut, saat ini jajarannya masih melakukan pendataan. Adapun bantuan pangan ini, untuk sementara dikhususkan bagi masyarakat yang ada di 6 kecamatan yang diberlakukan PSBB.

Anne menuturkan, untuk data sendiri diutamakan bagi mereka yang belum terdata atau di luar warga yang sudah menerima dari BLT dari desa maupun bansos kabupaten. Bantuan beras itu sendiri, disiapkan untuk 10 ribu KK. Dengan kata lain, setiap KK penerima mendapat bantuan 10 kilogram beras.

Saat melakukan pengecekan ke gudang Bulog, Anne pun memastikan jika sembako dari banprov sudah tersedia. Saat ini, pihaknya tinggal menunggu daftar penerima by name by addres dari provinsi yang belum turun.

Dalam hal ini pihaknya menyarankan supaya penyaluran bantuan ini tidak hanya dilakukan oleh kantor pos. Mengingat, personel di kantor pos juga sepertinya terbatas. Sehingga, dikhawatirkan akan menghambat penyaluran bantuan tersebut ke masyarakat.

“Kami juga berharap, sebelum pelaksanaan PSBB di 6 kecamatan, bansos dari bantuan provinsi ini sudah bisa di salurkan. Seperti halnya BLT Purwakarta, di targetkan hari rabu sudah diterima oleh warga sesuai data yang sudah ada,” pungkasnya. (Asep Mulyana)