Dunia Olahraga Berusaha Keluar dari Bayang-bayang Corona

Dunia Olahraga Berusaha Keluar dari Bayang-bayang Corona
Ilustrasi/Net

INILAH, Jakarta- Peristiwa-peristiwa besar olahraga, termasuk Olimpiade 2020, kejuaraan sepak bola Eropa, tenis Wimbledon, dan turnamen golf British Open tidak bisa digelar karena virus corona.

Namun, ada secercah harapan pemulihan karena olahraga di seluruh dunia kini sedang membuat rencana tentatif untuk kembali beraksi.

Berikut catatan AFP terkait event-event olahraga penting yang mencoba keluar dari bayangan virus corona:

- Liga Premier Inggris, yang masih memiliki 92 pertandingan sisa untuk dimainkan, telah menegaskan kembali komitmen mereka untuk menyelesaikan musim ini. Tetapi pertandingan akan berada di balik pintu tertutup dan dilaporkan akan berlangsung hanya di 10 tempat netral. Liverpool berada di ambang gelar liga pertama selama 30 tahun dengan keunggulan 25 poin di puncak klasemen.

- Horst Seehofer, Menteri Dalam Negeri dan Olahraga Jerman mengatakan ia mendukung dimulainya kembali musim ini meskipun tiga orang dinyatakan positif terkena virus corona di klub Bundesliga, Cologne. Dimulainya kembali tidak akan mungkin sebelum 16 Mei. Keputusan akhir diharapkan Rabu.

- Di Spanyol, La Liga dilaporkan berencana untuk mulai menguji pemain untuk virus corona antara Selasa dan Kamis, setelah itu mereka kemudian dapat melanjutkan program pelatihan individu dalam waktu 48 jam.

- Pesepak bola Italia sekarang dapat mengambil bagian dalam sesi pelatihan individu saat tindakan penguncian ketat virus corona mulai mereda. Tetapi Perdana Menteri Giuseppe Conte hanya akan mengizinkan tim untuk melanjutkan kegiatan kelompok terorganisir pada 18 Mei.

- Korea Selatan terlihat yakin mendapat kehormatan menjadi liga pertama yang kembali beraksi. Musim akan dimulai pada 8 Mei tetapi di balik pintu tertutup.

- Di Prancis, Paris Saint-Germain dinyatakan sebagai juara Ligue 1 setelah Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe mengumumkan olahraga profesional tidak dapat dilanjutkan sebelum September.

- Federasi sepakbola Belanda mengakhiri musim mereka pada 24 April.

- Musim pertandingan kriket Inggris tidak akan dimulai sampai 1 Juli paling awal dan kemungkinan di balik pintu tertutup. Turnamen Hundred yang baru telah dibatalkan hingga 2021. Namun, Inggris dapat memulai laga tiga negara yang dijadwal ulang melawan tim dari Hindia Barat pada 8 Juli.

Pertandingan itu semula akan dimulai pada 4 Juni di Oval. Australia dan Pakistan masih akan melakukan tur di akhir musim panas.

- Liga Kriket Profesional India (IPL) yang seharusnya dimulai pada 29 Maret, ditunda tetapi laporan media mengatakan BCCI mungkin akan menggelar sebuah turnamen pada September-Oktober, menjelang Piala Dunia T20 di Australia.

- ATP dan WTA tidak akan memulai kembali pertandingan turnamen paling lambat 13 Juli.

- Tenis Prancis Terbuka di Roland Garros telah dipindahkan ke 20 September-4 Oktober meskipun ada saran bahwa itu mungkin akan digeser lagi pada minggu berikutnya.

- Asosiasi Tenis Amerika Serikat akan memutuskan pertengahan Juni apakah AS Terbuka akan berlangsung di New York atau tidak.

- Turnamen yang levelnya lebih rendah telah kembali dengan kejuaraan eksibisi delapan pemain di kota kecil Hoehr-Grenzhausen di Jerman. Turnamen ini tanpa penonton, ball boy atau hakim garis.

- Patrick Mouratoglou, pelatih Serena Williams, mengatakan dia merencanakan liga 50 pertandingan di akademinya dekat Nice di Prancis selatan dengan "jutaan dolar hadiah uang". Ini akan disiarkan langsung dengan judul "Ultimate Tennis Showdown" dimulai pada akhir pekan 16 Mei.

- Setelah 10 balapan dibatalkan atau ditunda, Formula Satu berharap untuk membuka musimnya di Austria dengan balapan back-to-back pada 5 dan 12 Juli.

- NASCAR di Amerika Serikat akan kembali pada 17 Mei di Darlington Raceway, yang pertama dari empat balapan oval selama 11 hari.

- MotoGP, dengan delapan balapan sudah tidak aktif, dijadwalkan akan kembali pada 9 Agustus di Brno di Republik Ceko.

- NBA bisa menyelesaikan musim di arena konvensi Las Vegas. Para pemain dan keluarga mereka, ditambah personel penting lainnya, akan tinggal di area karantina di hotel MGM di sepanjang Las Vegas Strip sambil berlatih dan bersaing di lapangan di fasilitas yang sama.

- Setelah pembatalan British Open, event besar golf yang tersisa adalah Kejuaraan PGA 6-9 Agustus di San Francisco dan US Open dijadwal ulang menjadi 17-20 September di Winged Foot, dengan Masters, biasanya dimainkan pada bulan April, dijadwalkan untuk 12-15 November

- Piala Ryder, di Whistling Straits, Wisconsin dari 25-27 September, bisa berlangsung tanpa penonton.

- USPGA berharap musimnya dapat dilanjutkan pada turnamen Charles Schwab Challenge mulai 11 Juni di Fort Worth, Texas.

- Tur LPGA akan dimulai lagi pada 15 Juli di turnamen Invitational Dow Great Lakes Bay di Michigan.

- Tur Eropa akan kembali ke British Masters mulai 30 Juli.

- Balap sepeda Tour de France telah dijadwal ulang untuk 29 Agustus dari tanggal mulai 27 Juni.

- Lomba balap sepeda bergengsi lainnya, Giro d'Italia dan Vuelta a Espana, akan dilombakan di musim gugur setelah kejuaraan dunia.

- Diamond League, yang akan dimulai di Doha pada 17 April, sekarang akan dimulai di London pada 4 Juli.

- Musim kompetisi rugby NRL di Australia akan dimulai pada 28 Mei.

- Kompetisi antarklub French Top 14 dibatalkan, tetapi di belahan bumi selatan, musim Super Rugby, yang dijadwalkan berakhir pada Juni, dapat dimainkan pada waktu yang sama dengan Kejuaraan Rugby internasional empat negara pada Agustus dan September. (Anara)