Satu Pelaku Menyerahkan Diri, Ferdian Paleka Masih Diburu

Satu Pelaku Menyerahkan Diri, Ferdian Paleka Masih Diburu
(Istimewa)

INILAH, Bandung- Salah satu pelaku prank bantuan isi sampah menyerahkan diri ke Satreskrim Polrestabes Bandung. Sementara pelaku utama Ferdian masih diburu Polisi.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri mengatakan, pelaku beridentitas Tubagus Fahddinar menyerahkan diri kepada pihak kepolisian, diantar bersama keluarganya, Senin (4/5/2020) pagi.

"Kita melakukan penyelidikan terkait para pelakunya dan alhamdulilah sudah kita amankan satu orang," ucap Galih di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa.

Galih menyebutkan, pihaknya saat ini tengah melakukan pengejaran terhadap pelaku utama dalam video prank bantuan isi sampah Ferdian Palenka. Bahkan, petugas pun telah mendatangi rumah tinggal Ferdian di kawasan Kabupaten Bandung.

"Sempet juga kita sentuh di rumahnya, memang yang bersangkutan tak ada disitu," ungkap Galih.

Selain itu, Galih menegaskan, semua yang terlibat dalam video tersebut akan dilakukan pengejaran. Pasalnya, terlihat dalam video prank bantuan isi sampah itu Ferdian tidak membuatnya seorang diri.

"Iya jadi semua yang ada di situ (video prank bantuan isi sampah) kita periksa," tegas Galih.

Saat disinggung pasal yang akan dipakai. Galih menambahkan, Ferdian dan teman-temannya berpotensi dijerat pasal 45 ayat 3 UU ITE.

Pasal tersebut berbunyi, setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

Perlu diketahui sebelumnya, Diberitakan sebelumnya, Youtuber Ferdian Paleka cs dikecam warga netizen atas perbuatannya yang melakukan 'prank' membagikan sembako berisi sampah hingga batu kepada para transgender di Jalan Ibrahim Adjie.

Aksi tersebut direkam dan diunggah Ferdian di akun YouTubenya. Pada rekaman itu, ferdian dan rekannya memperlihatkan beberapa bingkisan yang disimpannya didalam mobil. Adegan selanjutnya Ferdian dan tempatnya tampak mengorek-ngorek tempat sampah.

Para pemuda ini kemudian berkendara dengan menggunakan mobil untuk mencari targetnya dan membagikanya bingkisan berisi sampah itu kepada para transgender yang tengah mangkal di pinggiran jalan Kota Bandung.

Video tersebut pun viral dan mendapat kecaman dari para netizen. Saat dicek pada YouTube Ferdian dan instagram yang bersangkutan, video tersebut dan akun instagramnya telah dihapus. (Ridwan Abdul Malik)