Hotel di Kabupaten Bogor Ini Tawarkan Paket Long Stay

Hotel di Kabupaten Bogor Ini Tawarkan Paket Long Stay
istimewa

INILAH, Bogor - Banyak hotel di Kabupaten Bogor yang sudah menutup operasional dan merumahkan karyawannya karena wabah virus corona. Namun, beberapa hotel melakukan inovasi yaitu dengan menawarkan paket long stay kepada orang tanpa gejala (OTG).

"Beberapa hotel seperti Horrison Ultima Bhuvana Ciawi dan Hotel Lorin itu berinovasi dengan menawarkan paket long stay kepada OTG selama 14 hari," ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Mulyadi kepada wartawan, Senin (4/5/2020).

Dia menjelaskan, sesuai aturan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) maka hotel-hotel yang tetap beroperasi ini diwajibkan melaksanakan protokol kesehatan.

"Hotel-hotel yang masih beroperasi sudan melaksanakan protokol kesehatan seperti mengecek suhu tubuh, menyediakan cucu tangan dibanyak tempat dan lainnya. Namun, tidak menyediakan sarapan di restoran karena adanya larangan berkerumunun lebih dari lima orang di suatu ruangan," terangnya.

Sedangkan, Kabid Destinasi Wisata Iman Budiana menambahkan bahwa penawaran paket isolasi mandiri kepada OTG selama 14 hari ini tidak terbatas warga Kabupaten Bogor saja.

"Ini kan isolasi mandiri kepada para OTG dan karena bersifat pribadi maka itu tergantung kemampuan finansial masing-masing pengunjung dan kita belum bisa membatasi domisili pengunjung hotel tersebut," tambah Iman.

Dia melanjutkan, dikarenakan ada beberapa hotel dekat dengan rumah sakit maka sepengakuan mereka hotel-hotel itu menerima penginapan keluarga si pasien yang masih dirawat.

"Kalau hotel yang dekat rumah sakit seperti Horrison Ultima Bhuvana Ciawi itu pengakuan mereka ada pengunjungnya yang merupakan keluarga pasien yang sedang dirawat di RSUD Ciawi, selain itu juga ada keluarga tenaga medis," sebutnya.

Dihubungi terpisah, Marketing Communication Horrison Ultima Bhuvana Ciawi Cecilia menjelaskan hotelnya semenjak masa penerapan PSBB mulai menawarkan paket long stay selama 14 hari.

"Mungkin karena paket long stay itu 14 hari, maka pengunjung atau tamu kerap menamakannya karantina atau isolasi mandiri. Namun paket ini tidak banyak meningkatkan jumlah okupansi pengunjung. Dimana di masa pandemi Covid-19 ini jumlah kamar yang terisi per hari minimal 5 kamar dan maksimal 10 kamar. Semoga pandemi virus menular ini segera berakhir karena banyak orang yang memggantungkan hidupnya baik di hotel kami ataupun hotel lainnya," jelas Cecilia. (Reza Zurifwan)