Tirta Pakuan Kembali Gulirkan Layanan Baca Meter Air Mandiri

Tirta Pakuan Kembali Gulirkan Layanan Baca Meter Air Mandiri
istimewa

INILAH, Bogor - Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Perumda Tirta Pakuan kembali menggulirkan layanan baca meter air mandiri periode 2-20 Mei 2020. 

Pelaporan baca meter air bisa dilakukan dengan dua cara yakni melalui melalui aplikasi Whatsapp (WA) dan melalui Sistem Informasi Tirta Pakuan (Simotip). Direktur Umum Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira Gusniawan mengatakan, kedua aplikasi itu sudah bisa digunakan saat ini dengan mudah oleh masyarakat.

"Pelanggan tinggal pilih saja, mau pakai WA atau Simotip. Kedua kemudahan itu sudah bisa digunakan saat ini," katanya melalui rilis resmi, Senin (4/5/2020).

Dia menjelaskan, pelanggan yang akan menggunakan WA dapat melaporkan angka stand meter dengan format 'nomor pelanggan/angka stand meter (warna hitamnya saja)/pelapor', lalu kirim dengan dilampirkan foto stand meter ke nomor-nomor sesuai domisili kecamatan pelanggan. 

"Nomornya antara lain Bogor Timur dan Selatan nomor 081585396769, Bogor Tengah dan Utara 081585396848, Bogor Barat 081585396872 dan Tanah Sareal 081585396858," tambahnya.

Sementara, untuk Simotip itu pelanggan dapat mengunduh atau memperbaharui aplikasinya melalui Playstore, lalu ikuti alur aktivasinya. Sonny lebih mengarahkan pelanggan menggunakan SIMOTIP. Karena dalam aplikasi yang telah diupgrade itu terdapat berbagai fitur kemudahan yang sangat dibutuhkan pelanggan, seperti laporan gangguan dan cek tagihan.

"Jadi tidak hanya buat lapor stand meter, tapi bisa juga buat lapor gangguan atau cek tagihan. Ini kemudahan yang kami siapkan," ujarnya.

Dia menyebutkan, ada beberapa kegunaan melaporkan angka stand meter setiap bulan, yakni bisa mendeteksi pemakaian tidak wajar akibat kebocoron, dapat mengontrol pengeluaran pemakaian air, dan menghemat pemakaian air.

"Pembacaan meter air mandiri akan terus dilaksanakan sampai pemanganan Covid-19 selesai. Tetapi ke depan, kami akan menugaskan petugas pembaca neter untuk membaca meter pelanggan secara acak," bebernya.

Dia menambahkan, jika mengalami kesulitan saat proses pembacaan meter mandiri maka pelanggan bisa menghubungi Call Center 0251-8324111 atau WA 08111182123. (Rizki Mauludi)