Prank Bantuan Sampah, Begini Motif Ferdian Paleka

Prank Bantuan Sampah, Begini Motif Ferdian Paleka
istimewa

INILAH, Bandung - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung memastikan menahan satu diantara pelaku video prank bantuan isi sampah, Tubagus Fahddinar. Diketahui, motif mereka membuat konten video hanya untuk menambah subscriber di akun youtubenya.

Hal itu disampaikan Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (5/5/2020).

"Motivasinya nambah konten nambah subcriber, tercetus ide itu," ucap Galih.

Selain itu, Galih menyebutkan, pembuatan video prank bantuan isi sampah itu merupakan ide dari pelaku A yang kini masih buron. Namun, Dia menegaskan, Ferdian Paleka tetap terlibat dalam video tersebut.

"Idenya dari si A tapi diaminkan sama yang lainnya mereka bertiga. F tapi tetap dia (terlibat)," ungkap Galih.

Perlu diketahui sebelumnya, Youtuber Ferdian Paleka cs dikecam warga netizen atas perbuatannya yang melakukan 'prank' membagikan sembako berisi sampah hingga batu kepada para transgender di Jalan Ibrahim Adjie.

Aksi tersebut direkam dan diunggah Ferdian di akun YouTubenya. Pada rekaman itu, ferdian dan rekannya memperlihatkan beberapa bingkisan yang disimpannya didalam mobil. Adegan selanjutnya Ferdian dan tempatnya tampak mengorek-ngorek tempat sampah.

Para pemuda ini kemudian berkendara dengan menggunakan mobil untuk mencari targetnya dan membagikanya bingkisan berisi sampah itu kepada para transgender yang tengah mangkal di pinggiran jalan Kota Bandung.

Video tersebut pun viral dan mendapat kecaman dari para netizen. Saat dicek pada YouTube Ferdian dan instagram yang bersangkutan, video tersebut dan akun instagramnya telah dihapus. (Ridwan Abdul Malik)