Sebanyak 250 Check Point Disiapkan Polisi Saat PSBB Jabar

Sebanyak 250 Check Point Disiapkan Polisi Saat PSBB Jabar
Foto: Syamsuddin Nasoetion

INILAH, Bandung - Sebanyak 250 check point disiapkan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat dalam penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tingkat provinsi. Dari total itu, sebanyak 19 di antaranya ditempatkan di perbatasan antarprovinsi.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga mengatakan, ratusan titik check point tersebut disiapkan dalam rangka membatasi gerak atau aktivitas masyarakat saat PSBB Jabar berlangsung.

"Jadi, PSBB Jabar nanti kita akan menggelar ada 250 pos check point. Kemudian, 19 pos check point perbatasan antara provinsi dengan provinsi Jateng, Banten, dan Jakarta ini kita gelar ada 19 di perbatasan," ucap Erlangga saat ditemui di Mapolda Jabar, Selasa (5/5/2020).

Ratusan titik pemeriksaan itu tersebar di seluruh wilayah hukum Polda Jabar. Baik di dalam kabupaten/kota maupun di perbatasan antarwilayah di Jabar.

"Konsep pembatasan antar kota kabupaten tetap dilaksanakan jadi nanti masing-masing di gugus tugas Kabupaten kota. Walaupun lingkup provinsi tapi dalam Kabupaten kota mereka tetap melaksanakan ada pos check point," ujar Erlangga.

Lebih lanjut, Erlangga menuturkan di setiap ratusan titik check point tersebut akan dilakukan selama sehari penuh. Selain itu, Belasan ribu personel Polda Jabar akan disiagakan di 250 titik cek poin saat penerapan PSBB Jabar.

"Konsep awal 24 jam, termasuk pembatasan yang dari luar provinsi jawa barat. personel yang kita libatkan untuk Polri ada 17 ribu kemudian dengan instansi terkait TNI ada 12 ribu," pungkas Erlangga.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta anggota TNI-Polri untuk lebih ketat menjaga perbatasan, saat aturan PSBB Jabar diberlakukan Rabu (6/5/2020) esok hari. Menurutnya, salah satu tugas utama saat penerapan PSBB di Jabar yakni menjaga di perbatasan antarkota maupun antarprovinsi. (Ridwan Abdul Malik)