Merasa Belum Terima Bantuan, Ribuan Warga Mengadu Ke Balai Kota Bogor

Merasa Belum Terima Bantuan, Ribuan Warga Mengadu Ke Balai Kota Bogor
Wali Kota Bogor Bima Arya. (Rizki Mauludi)

INILAH, Bogor - Masih kisruhnya pendataan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) bagi warga yang terdampak Covid-19 di Kota Bogor, membuat masyarakat Kota Bogor banyak berdatangan ke Balai Kota Bogor dari beberapa hari lalu hingga pada Selasa (5/5/2020) sore.

Para warga kebanyakan merupakan ibu-ibu yang memang ingin memastikan dirinya mendapat bantuan dari pemerintah meski sudah ada pendataan dari aparatur wilayah.

Berdasarkan data posko pengaduan yang ada di Balai Kota Bogor, selama empat hari posko aduan dibuka, sudah ada 3.400 warga yang mengadu dan datang ke Balai Kota Bigor karena merasa belum terdata ataupun mendapatkan bantuan.

"Memang antusias masyarakat cukup tinggi, mayoritas yang datang kesini itu ibu rumah tangga dan janda," ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor Rahmat Hidayat.

Rahmat melanjutkan, jumlah aduan yang masuk ke posko pengaduan di Balai Kota Bogor juga setiap harinya meningkat. Dengan rincian, hari pertama 107 aduan, hari kedua 346 aduan, memuncak pada hari ketiga 1619 aduan dan hari keempat sedikit turun yaitu 1401 aduan.

"Masyarakat dari luar Kota Bogor juga ada yang mengadu ke kami, totalnya ada 16 aduan. Selain warga Kota Bogor yang memang sudah terdata," tuturnya.

Rahmat menjelaskan, namun, berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor, 80 persen warga yang mengadu sudah terdata sebagai penerima bantuan. Baik bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, maupun Provinsi Jawa Barat.

"Kami sarankan sebaiknya warga mengecek diaplikasi Salur sebelum datang ke Balai Kota Bogor, karena harus mengikuti anjuran pemerintah untuk berdiam dirumah dan sayang biaya transportasi untuk ke Balai Kota Bogornya," jelas mantan Camat Bogor Utara ini.

Rahmat menambahkan, untuk posko pengaduan di Balai Kota Bogor, buka setiap hari, mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB. Dalam waktu dekat juga Pemkot Bogor akan launching aduan via aplikasi secara online.

Rizki Mauludi